PENGESAHAN GAMBAR RANCANG BANGUN KAPAL MELALUI SISTEM INFORMASI PERKAPALAN DAN KEPELAUTAN DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT OLEH PT. GARDATAMA ANUGERAH SEGARA SEJAHTERA BATAM

Authors

  • Eva Ratna Kumala Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Dafid Ginting Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34352

Keywords:

Pengesahan, Gambar Rancang, Bangun Kapal.

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Proses Pengajuan Pengesahan Gambar Rancang Bangun Kapal Melalui Sistem Informasi Perkapalan Dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut oleh PT. Gardatama Anugerah Segara Sejahtera Batam. Dalam hal pengesahan gambar kapal dimaksud, harus memperhatikan hal-hal yaitu proses pembangunan kapal harus mendapat pengawasan dari pejabat pemeriksa keselamatan kapal, disamping pengawasan yang dilaksanakaan Badan Klasifikasi yang diakui dan ditunjuk untuk aspek klasifikasinya, catatan dan rekomendasi pada gambar harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Setelah selesai proses pengesahan gambar dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut maka kapal dapat segera dibangun di galangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan (field research). Penulis melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pihak perusahaan dan riset perpustakaan (library research) dimana penulis mendapatkan materi atau bahan makalah dari buku-buku yang ada di perpustakaan maupun sumber bacaan lainnya yang berkenaan dengan pokok bahasan yang diambil. Hasil dari makalah ini adalah Pengesahan Gambar Rancang Bangun Kapal Melalui Sistem Informasi Perkapalan Dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Oleh PT. Gardatama Anugerah Segara Sejahtera Batam sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan berjalan dengan lancar, tetapi masih terdapat beberapa kendala yang di alami yaitu kesalahan mengupload dokumen yang akan dilampirkan, ukuran file dokumen terlalu besar sehingga tidak terbaca oleh sistem dan jaringan tidak stabil mengakibatkan sistem eror. Sewaktu pemohon melakukan pengajuan yang mengakibatkan memakan waktu yang cukup lama untuk dikeluarkannya hasil dari pengesahan gambar yang diajukan pemohon.

References

Buku Pedoman Praktek Darat Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan 2023

Chandra Aditya, Hadi Sasmito, dkk. 2017. Analisa Pengaruh Sudut Masuk Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Resistance Kapal Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Jurnal Teknik Perkapalan.

Firdausi Kharisma, Subekti Arief, dkk. 2017. Perancangan Fire Control and Safety Plan pada Kapal Konversi LCT menjadi Kapal Small Tanker. Journal Conference on Safety Engineering and Its Application.

Girsang, J. W., & Ginting, D. (2024). Prosedur Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) di atas kapal MT. Garuda Asia pada PT. Pelayaran Multi Jaya Samudera Belawan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11692-11700.

Kuncoro, A., & Ginting, D. (2023). Proses Penanganan Muatan Minyak Jerigen Didalam Kon Pada PT. Samudera Lautan Luas Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2817-2820.

Maharani, H., & Ginting, D. (2023). Rotasi Untuk Pergantian Awak Kapal Terhadap Perjanjian Kerja Laut (Pkl) Milik PT. Pelayaran Sumber Rejeki Bahari Permai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 8591-8602.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor : Hk 103/2/14/Djpl-16 Tentang Tata Cara Penerimaan, Penyetoran, Penggunaan Dan Pelaporan Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Peraturan Menteri Perhubungan Laut Nomor 54 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Gambar Rancang Bangun Kapal, Pelaksanaan dan Pengawasan Pembangunan Dan Pengerjaan Kapal.

Portal Hubla Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Tentang Informasi Prosedur pelayanan Pengesahan Gambar Rancang Bangun Kapal.

Purwanto Edi, dkk. 2017, Stabilitas Kapal Untuk Pelayaran Niaga Vol. 1, Surabaya : Yayasan Pendidikan Dan Pengajaran Bhakti Samudera.

Sianipar, M. J., & Ginting, D. (2024). Pelayanan Jasa Keagenan Kapal dan Hambatannya Pada PT. Tarunacipta Kencana Cabang Dumai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11711-11721.

Simkapel.Dephub.go.id Tentang Databes Perkapalan dan Kepelautan Nasional (e-DPKN).

Sirait, A. S., & Ginting, D. (2023). Proses Penerbitan Sertifikat Keselamatan Kapal Docking Di PT. Putra Samudera Inti Batam Pada KSOP Khusus Batam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2807-2816.

Tikawani, I., & Ginting, D. (2024). Penanganan Dokumen Bongkar Peti Kemas Domestik Pada PT. Kemasindo Cepat Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 10179-10186.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran .

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Kumala, E. R., & Ginting, D. . (2024). PENGESAHAN GAMBAR RANCANG BANGUN KAPAL MELALUI SISTEM INFORMASI PERKAPALAN DAN KEPELAUTAN DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT OLEH PT. GARDATAMA ANUGERAH SEGARA SEJAHTERA BATAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13309–13314. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34352

Most read articles by the same author(s)