STRATEGI PENCEGAHAN KETERLAMBATAN KEGIATAN TRANSHIPMENT PADA PT. SAMUDERA LAUTAN LUAS MEDAN

Authors

  • M. Seyehan Syah Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Dafid Ginting Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21596

Keywords:

Transhipment, Strategy, Delay

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana pihak perusahaan pelayaran PT. Samudera Lautan Luas melakukan strategi pencegahan keterlambatan kegiatan transhipment. Penulis berharap dengan dibuatnya makalah ini dapat bermanfaat dan berguna bagi penulis untuk dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan dan praktek dalam bentuk sebuah pengamatan yang ilmiah, khususnya dalam memahami tentang strategi pencegahan keterlambatan kegiatan transhipment, bagi perusahaan PT. Samudera Lautan Luas Medan, diharapkan hasil tulisan penulis dapat bermanfaat sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi para pimpinan di lingkungan PT. Samudera Lautan Luas Medan tentang strategi pencegahan keterlambatan kegiatan transhipment, serta bagi pembaca sebagai bacaan untuk dapat mengetahui bagaimana strategi pencegahan keterlambatan kegiatan transhipment pada PT. Samudera Lautan Luas Medan. Penulis memperoleh data dengan cara pengolahan data kualitatif yaitu observasi lapangan atau metode lapangan (field research) dan metode Pustaka (library research). Berdasarkan dari data yang telah diuraikan dalam penelitian ini ataupun strategi yang dilakukan oleh pihak PT. Samudera Lautan Luas Medan dalam pencegahan keterlambatan kegiatan transhipment adalah mencari agent yang handal dalam penanganan muatan agar barang tersebut sampai ke pelabuhan tujuan akhir dengan keadaan yang sangat baik tanpa ada kerusakan pada barang tersebut, dengan melakukan updating data pada sistem dengan baik serta pengecekan dokumen Kembali agar tidak terjadi kendala yang tidak diinginkan di dokumen barang tersebut dan mengoptimalisasi kinerja para karyawan untuk proses pengiriman dokumen barang tersebut. Disarankan kepada pihak PT. Samudera Lautan Luas Medan agar dapat menghindari keterlambatan kegiatan transhipment dan agar kegiatan transhipment dapat berjalan dengan sangat baik tanpa ada kendala sampai ke pelabuhan negara tujuan akhir.

References

Adrian Sutedi, S. H. (2014). Hukum Ekspor Impor. RAS.

ADAM, K. Y. (2019). ANALISIS PENANGANAN OUT OF GAUGE CONTAINER PADA KAPAL MILIK PT. CMA CGM DI JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) (Doctoral dissertation, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG).

AFDAL, M. (2023). UPAYA MEMINIMALISIR KETERLAMBATAN KEGIATAN TRANSHIPMENT PADA PT. KARTIKA SAMUDRA ADIJAYA SITE BATULICIN (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar).

BUKU PEDOMAN PENULISAN MAKALAH POLTEK AMI MEDAN (2023)

CHOIRUL, A. (2022). STRATEGI PENCEGAHAN KETERLAMBATAN KEGIATANTRANSHIPMENT PADA PT. KARTIKA SAMUDRA ADIJAYA CABANG BATULICIN KALIMANTAN SELATAN (Doctoral dissertation, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG).

Fahlefi, E. R., Dewi, A. A., Lail, L. N. N., & Maulana, G. (2018) Analisis Nilai Barang Ekspor di Provinsi Jawa Barat Berdasarkan Jenis Barang. Analysis of the Value of Exported Goods in West Java Province by Type of Goods.

GUSHARIANTO, G. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA BONGKAR MUAT CONTAINER DAN MATERIAL LOOSE CARGO KAPAL BG BAYSWATER 128 DI PELABUHAN BATU AMPAR OLEH PT. PERSERO BATAM (Doctoral dissertation, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG).

IACHA, U. F. (2023). ANALISIS KETERLAMBATAN PROSES STEVEDORING

MUATAN BATUBARA PADA KEGIATAN TRANSHIPMENT OLEH PT. JAYA PANDU TRANSINDO SEJATI DAN MARITIM (Doctoral dissertation, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat).

Kharina, F. N., & Sambowo, K. A. (2019). Analisis Keterlambatan Proyek Serta

Dampaknya Terhadap Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Proyek. Jurnal Infrastruktur, 5(1), 13-19.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang (UU) nomor 2 tahun 2009 tentang Lembagapembiayaan ekspor Indonesia.

ROBI, M. H. (2022). DAMPAK JEBOLNYA TANGGUL TERHADAP KEGIATAN DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG (STUDI KASUS: PT. LAMICITRA NUSANTARA) (Doctoral dissertation, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG).

Sholikhah, V. (2021). Manajemen strategi ekonomi agribisnis dalam konteks ilmu ekonomi mikro. LAN TABUR: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 113-129.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Syah, M. S., & Ginting, D. . (2023). STRATEGI PENCEGAHAN KETERLAMBATAN KEGIATAN TRANSHIPMENT PADA PT. SAMUDERA LAUTAN LUAS MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2799–2807. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21596

Most read articles by the same author(s)