PERAN KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH MTS MADINATUSSALAM MEDAN

Authors

  • Wiwin Ariani UIN Sumatera Utara
  • Irwansyah Irwansyah UIN Sumatera Utara
  • Widia Lestari UIN Sumatera Utara
  • Nuraini Nuraini UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30655

Keywords:

Pendidikan, Kualitas Guru, Kepemimpinan, Yayasan Pendidikan Madinatussalam, Strategi Kepemimpinan, Partisipasi Siswa

Abstract

Pendidikan merupakan pilar utama pembangunan bangsa, dan kualitas guru memegang peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran kepemimpinan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Yayasan Pendidikan Madinatussalam serta mengevaluasi strategi kepemimpinan yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Madinatussalam telah menerapkan berbagai upaya, seperti memastikan kurikulum yang sesuai, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, mengelola sumber daya secara efektif, mendorong kolaborasi antara guru, staf, dan orang tua, serta memiliki visi dan misi yang jelas. Selain itu, partisipasi siswa dalam pengambilan keputusan dan berbagai forum diskusi juga diidentifikasi sebagai langkah penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini menyarankan peningkatan kualifikasi dan pelatihan guru, pengembangan kurikulum yang relevan, pengelolaan sumber daya yang efektif, dan peningkatan kolaborasi serta komunikasi untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal

References

Damayanti, Devi, dkk. 2024. Guru Penggerak: Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. Journal of Information Systems and Management. Vol.3, No.2, hal 5-10.

Irawati, Een. 2021. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Seminar Nasional. Vol.1, No.1, hal 269-279.

Mansyur, Abd Rahim dan Andi Bunyamin. 2021. Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal. ISSN 2720-9156. Vol.2, No.2, hal 101-109.

Muhammad, Azamul Fadhly Noor. 2017. Model Kepemimpinan dalam Proses Pembelajaran di Kelas pada Jenjang SD/MI. Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol.4, No.1, hal 29-44.

Pianda, Didi. 2018. KINERJA GURU: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Suka Bumi: CV Jejak.

Septiana, Mita, dkk. 2022. Kepemimpinan Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol.17, No.2, hal 101-116.

Sulastri, dkk. 2020. Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research. Vol.1, No.3, hal 258-264.

Wedi, Indra. 2024. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 1 Indralaya. Jurnal Manajemen dan Pendidikan. Vol.3, No.3, hal 544-551.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Ariani, W. ., Irwansyah, I., Lestari, W. ., & Nuraini, N. (2024). PERAN KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH MTS MADINATUSSALAM MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8920–8932. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30655

Most read articles by the same author(s)