ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL BERKELANJUTAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Septi Fitri Meilana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Singgih Prastawa Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Maftuhah Dewi Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Ahmad Fahrudin Universitas Indraprasta PGRI
  • Indah Merakati Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Rosidin Rosidin Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29867

Keywords:

Pengembangan Profesional, Guru Sekolah Dasar, Kebutuhan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru sekolah dasar. Dengan menggunakan metode studi literatur, berbagai kendala, ekspektasi, dan kebutuhan guru terhadap program pengembangan profesional diidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah dasar menghadapi berbagai kendala dalam melaksanakan pengembangan profesional, termasuk keterbatasan waktu, beban kerja yang tinggi, dan kurangnya dukungan dari pihak sekolah. Namun, kebutuhan dan ekspektasi guru terhadap program pengembangan profesional sangatlah beragam, mencakup pelatihan dalam penggunaan teknologi pendidikan, pengembangan keterampilan mengelola kelas, pemahaman tentang kurikulum terbaru, dan dukungan psikologis. Selain itu, peran pemangku kepentingan, seperti pemerintah, sekolah, dan masyarakat, juga menjadi penting dalam mendukung pengembangan profesional guru. Dengan mempertimbangkan kendala-kendala yang dihadapi dan kebutuhan yang ada, disimpulkan bahwa implementasi program pengembangan profesional berkelanjutan yang efektif dapat meningkatkan kualitas pengajaran di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Meilana, S. F. ., Prastawa, S. ., Dewi, M. ., Fahrudin, A. ., Merakati, I. ., & Rosidin, R. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL BERKELANJUTAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7798–7804. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29867

Most read articles by the same author(s)