PENGUASAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI: PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFIORMASI DAN KOMUNIKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26544Keywords:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Video Animasi, Pendidikan Kewarganegaraan, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif.Abstract
Kunci kesuksesan dalam proses pembelajaran sangat bergantung pada dukungan yang diberikan kepada proses tersebut. Salah satu faktor pendukung utama dalam konteks pendidikan adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam bentuk video animasi. Penggunaan film animasi dalam pembelajaran dapat menjadi strategi efektif bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman siswa kelas V SDN 001 Samarinda terhadap mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui penggunaan media pembelajaran berupa video animasi Upin & Ipin sebagai ilustrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan instrumen yang digunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Samarinda yang berjumlah 40 orang. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berupa video animasi ini siswa sangat antusias selama mengikuti proses pembelajaran dan tingkat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan ada pada kategori sangat memahami sebanyak 60% (24) siswa dan pada kategori memahami sebanyak 40% (16) siswa kelas V SDN 001 Samarinda.References
Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KINEMASTER BAGI GURU SD. Transformasi Pendidikan di Era Super Smart Society 5.0 (pp. 76 - 83 ). Majalengka: FKIP UNMA.
Angga, N. M., Phieranto, C. C., Teio, F., Yovan, D., Angelica, A., & Putri, F. S. (2022). Chunk learning media for cognitive load optimization on science learning. 2022 Seventh International Conference on Informatics and Computing (ICIC).
Asmilasti, R., Pratama, F. A., & AlGhozali, M. I. (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di PAUD Lebah Kecil. ARJI : Action Research Journal Indonesia, 79 – 90.
Cipta, N. H., Rokmanah, S., & Wijayanti, R. S. (2023). Penggunaan Teknologi Sebagai MediaPembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 23955-23959.
Ferguson, R., Childs, M., Okada, A., Sheehy, K., Tatlow-Golden, M., & C., C. (2020). Creating a framework of fun and learning: using balloons to build consensus..
Ferguson, R., Childs, M., Okada, A., Sheehy, K., Tatlow-Golden, M., & C., C. (2020). Creating a framework of fun and learning: using balloons to build consensus..
Gini, F. and Bassanelli, S. (2022). The relationship between fun and the overall score of the meega360 scale..
Goodyear, V. and Dudley, D. (2015). “i’m a facilitator of learning!” understanding what teachers and students do within student-centered physical education models. Quest, 67(3), 274-289.
Hayati, Z. (2018). Pendidikan Sekolah Dasar dan Peningkatan SDM Yang Berkualitas. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ), 66 – 71.
Hoogerheide, V., Renkl, A., Fiorella, L., Paas, F., & Gog, T. (2019). Enhancing example-based learning: teaching on video increases arousal and improves problem-solving performance.. Journal of Educational Psychology, 111(1), 45-56.
Inah, E. N. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA . Jurnal Al-Ta’dib, 150 - 167 .
Liu, C. and Elms, P. (2019). Animating student engagement: the impacts of cartoon instructional videos on learning experience. Research in Learning Technology, 27(0).
Mahayati, E., Firmansyah, F. A., Atok, K. K., Ariyanto, S. R., & Rozi, F. (2023). EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 102-108.
Mawardi, & Handayani, S. (2019). FAKTOR-FAKTOR PENUNJANG KEMAMPUAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI LAE LANGGE KECAMATAN SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 98 - 113.
Nau, G. and Djalo, A. (2019). The effect of practical-based jigsaw strategy on science process skills of students. Scientiae Educatia, 8(2), 196.
P, E. and Purba, R. (2020). Neuroscience-based physical education learning environment: an analysis. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6A), 36-41.
Rahmatian, L. (2020). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pembentuk karakter bangsa . Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan (pp. 87-94 ). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Siswanto, J., Harjanta, A., Prahani, B., & Suminar, I. (2022). The role of physics teachers in digital learning. Kne Social Sciences.
Sopian , A. (2016). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN . Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 88 - 97 .
Suharni. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 172 - 184.
Wang, L., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2022). Improving the quality of learning through teacher’s guidance. Journal of Social Work and Science Education, 2(3), 275-280.
Wikandari, R., Putro, A., Suroto, D., Purwandari, F., & Setyaningsih, W. (2021). Combining a flipped learning approach and an animated video to improve first-year undergraduate students’ understanding of electron transport chains in a biochemistry course. Journal of Chemical Education, 98(7), 2236-2242.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Apriani Riyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.