PEMBELAJAAN BERDIFERENSASI DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Nur Azizah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28036

Keywords:

Kurikulum, Diferensiasi, Pembelajaran

Abstract

Satuan pendidikan belum sepenuhnya mengembangkan kurikulum yang fleksibel yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolahnya masing-masing. sama diketahui bahwa ada berbagai tipe siswa di sekolah atau bahkan kelas yang memiliki tingkat kesiapan belajar, minat, bakat, dan gaya belajar yang berbeda-beda. Adapun Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengakaji mengenai pembelajaran berdiferensasi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan studi literatur yaitu pada penelitian pustaka. Sumber data penelitian ini yaitu dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder berasal dari sumber buku dan jurnal. Teknik analisis data dilakukan dengan memilah sumber sumber yang telah diperoleh, kemudian dirangkum menjadi informasi ilmiah. Pembelajaran berdiferensiasi menitikberatkan pada penyesuaian cara mengajar sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Pentingnya pembelajaran berdiferensiasi terletak pada kemampuan untuk memungkinkan guru menyesuaikan metode, bahan pelajaran, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa. Pembelajaran berdiferensiasi berangkat dari paradigma progresifisme yang menentang sistem pendidikan konvensional yang dianggap tradisional- konservatif merupakan menciptakan suatu kelas yang beragam dalam rangka memfasilitasi minat dan bakat siswa agar tercapai peningkatan hasil belajar.

References

Ambarita, Jerni, And Pitri Solida Simanullang. 2023. Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Amin, Ihdi. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi.” SMAN 1 Paguyuan.

Dwijendra, Universitas. 2023. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pengajaran Esp Dalam Kemerdekaan Belajar.” 8(1):585–92.

Fitriyah, And Moh Bisri. 2023. “Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 9(2).

Kamal, Syamsir. 2022. “IMPlementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA NEGERI 8 BARABAI.” Julak: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik 1(September 2021):89–100.

Margon, And Ida Farida Fitriyani. 2023. “Kurikulum Merdeka Belajar: Analisis, Implementasi, Penegelolaan Dan Evaluasi.” In Analisis Kesenjangan Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Purbalingga: Cv. Eureka Media Aksara.

Marlina. 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Muktamar, Ahmad, Abdul Jalil, Muhammad Tang, And Jaja Miharja. 2023. “Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Pendidikan Islam.”

Muliani, Rahmi. N.D. Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips Dan Trik Untuk Guru. Riau.

Pratama, Almaydza, And Abnis. 2024. “Pengembangan Propesi Guru Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7(1):2.

Purwodido, Agus, And Muhamad Zaini. 2023. Model Pembelajran Berdiferensiasi Implemnetasi Kurilum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Rintayati, Peduk. 2022. Strategi Pembelejajaran Berdiferensiasi. Bonjongsari: Eureka Media Aksara.

Sari, Nova Yunita, Dearlina Sinaga, And Uliper Nainggolan. 2024. “Perkembangan Kurikulum Merdeka Di Indonesia.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7(1).

Wahyuningsih, Desy, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardanu, And Intan Pemata Sari. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mwjudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(4).

Yahdi, Muhamad. 2016. “Paradigma Pendidikan Islam.” Paradigma Pendidikan Islam 5(1).

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Azizah, N. ., & Aprison, W. . (2024). PEMBELAJAAN BERDIFERENSASI DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5367–5373. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28036