STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KECANDUAN SISWA BERMAIN GAME ONLINE HIGGS DOMINO ISLAND DI MTSN 9 AGAM

Authors

  • Romi Febrianto Universitas Islam Negeri Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arman Husni Universitas Islam Negeri Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison Universitas Islam Negeri Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24954

Keywords:

Strategi, Kecanduan, Higgs Domino Island

Abstract

Adapun yang memotivasi penulis melakukan penelitin ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa yang krisis terhadap kecanduan bermain game Higgs Domino Island, sehingga dari kecanduan tersebut mempengaruhi adab, tingkah laku serta perilaku siswa yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam/ maka diperlukan sebuah strategi untuk mengatasi krisis tersebut agar siswa tidak terjerumus kepada hal-hal yang berdampak negatif dari kecanduan game tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apa saja faktor-faktor penyebab siswa kecanduan bermain game Higgs Domino Island  dan bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kecanduan siswa dalam bermain game Higgs Domino Island di MTsN 9 Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang di pakai oleh guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kecanduan siswa bermain game Higgs Domino Island menggunakan strategi secara langsung diantaranya pendekatan personal, pembiasaan, memberikan keteladanan, serta ajakan atau anjuran. Dan strategi secara tidak langsung seperti pengawasan, bekerja sama denga orang tua, dan juga memberikan hukuman dan sanksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab serta dampak negatif dari kecanduan siswa bermain game Higgs Domino Island dan untuk mengetahui strategi dan upaya Guru akidah Akhlak dalam mengatasi kecanduan siswa bermain game Higgs Domino Island. Faktor penyebab kecanduan siswa bermain game Higgs Domino Island disebabkan dari faktor internal dan eskternal, dampak negatif yang ditimbulkan dari game Higgs Domino Island menyebabkan siswa suka berkata kotor,kasar, suka emosi, menghabiskan uang dan waktu, menurunkan samangat dan minat belajar, dan perilaku perjudian online. Faktor penghambat yang menjadi kendala strtegi guru akidah akhlak dalam mengatsi kecanduan siswa bermain game Higgs Domino Island yaitu kurangnya kesadaran siswa, tidak mendengarkan perkataan gur dan orang tua, kurangnya ketelibatan orang tua, dan kerja sama antar sesama guru di sekolah.

References

Ahmad,D,Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung : PT Al-Ma’rif, 1980)

Akdanul Wafi, Ifzun, Farel,dkk, Siswa MtsN 9 Agam, Wawancara Pribadi, 10,15,22 Mei dan 15 Agustus 2023

Al- Khailadi, Shalah Abdul Fattah, Mudah Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta Timur: Penerbit Maghrifah Pustaka, 2017)

Fitramadhan, Guru Akidah Akhlak MtsN 9 Agam, Wawancara Pribadi, 15 Mei 2023

Harahap, Nasruddin Khalil. ‘Dampak Higgs Domino Island Dalam Masyarakat (Kajian dengan perspektif sosiologi Hukum)’, 07.2 (2021).

Khairina, Jamila, Muhiddinur Kamal, Wedra Aprison, ‘Strategi Guru Dalam Meminimalisir Kejenuhan dalam Suasana Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi, 1.3 (2022).

Moh, Haitami Salim, Syamsul Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Neldawati, Guru Akidah Akhlak, Wawancara Pribadi, 10 Mei 2023

Ridho Julio Putra, Guru MtsN 9 Agam, Wawancara Pribadi, 22 Mei 2023

Rini, Ayu, Menanggulangi Kecanduan Game Online Pada Anak, (Jakarta : Pustaka Mina, 2011)

Sri Handayani, Wali Murid, Wawancara Pribadi, 25 Mei 2023

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta : Rineka Cipta, 2005)

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, No 20 Tahun 2003, (Jakarta : Sinar Grafik, 2014)

Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer, (Jakarta : PT.Bumi Aksara, 2010)

Yusuf, Ali Anwar, Studi Agama Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2003)

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Febrianto, R. ., Husni, A. ., Wati, S. ., & Aprison, W. . (2024). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KECANDUAN SISWA BERMAIN GAME ONLINE HIGGS DOMINO ISLAND DI MTSN 9 AGAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1460–1468. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24954