METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR: MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK IT ASSYAFIQ

Authors

  • Mursal Aziz STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Dedi Sahputra Napitupulu STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Ismayani Ismayani STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27580

Keywords:

Storytelling Method, Pictures and Speaking Ability

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan gambar Di TK IT Assyafiq. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Peningkatan kemampuan berbicara melalui Metode Bercerita dengan Gambar di TK IT Assyafiq dikategorikan baik. Setalah dilakukan observasi siklus I dan siklus II diperoleh hasil bahwa adanya peningkatan kemampuan berbicara dalam penerapan bercerita melalui Metode Bercerita dengan Gambar meningkat. Pada hasil observasi siklus I, sebanyak 10 orang anak yang memiliki kriteria Mulai berkembang (MB) dengan rata-rata presentase sebesar 35,3%, dan 2 orang anak yang memiliki kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan presentase rata-rata sebesar 52,7%. Dengan hasil observasi pada siklus I sebesar 38,2% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Kemudian hasil observasi pada siklus II, sebanyak 8 orang anak yang memiliki kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan rata-rata presentase sebesar 67,1%, dan sebanyak 4 orang anak yang memiliki kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan rata- rata presentase 83,6%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, selama proses pembelajaran, maka penerapan Metode Bercerita dengan Gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak di TK IT Assyafiq, dengan jumlah rata-rata perolehan yaitu 72,6% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

References

Agusriani, Ade. (2022). Penggunaan Alat Peraga Dalam Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak 5-6 Tahun. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 2 (2). https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i2.30214

Aziz, M., Nasution, Z., Lubis, M. S. A., Suhardi, & Harahap, M. R. (2024). Tahfidzul Qur’an Curriculum Media Innovation in Islamic Boarding Schools. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(2), 235–249. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i2.970.

Aziz, Mursal & M. Hasbie Ashshiddiqi. (2020). Al-Ittihadiyah Education Development In North Sumatera. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 9 (2).

Aziz, Mursal & Zulkipli Nasution. (2021). Strategi dan Materi Pembelajaran Al-Quran Hadis: Upaya Mewujudkan Pendidikan Agama Islam yang Religius. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Aziz, Mursal et al. (2019). Kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah Dalam Pengembangan Kurikulum Ke-Al Washliyahan Madrasah Aliyah Di Sumatera Utara. Tarbiyah Islamiyah, Vol. 9, No. 1

Aziz, Mursal et al. (2020). Ektrakurikuler PAI (Pendidikan Agama Islam): Dari Membaca Alquran sampai Menulis Kaligrafi. Serang: Media Madani.

Aziz, Mursal et al. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education (INT-JECSE), 14 (3), 1131-1138. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V14I3.136

Aziz, Mursal et al. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas IV Melalui Metode Discovery Learning Di MIN 3 Labuhanbatu Utara. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 9 (2). p. 4822-4833. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13098.

Aziz, Mursal. (2017). Manajemen Kurikulum dalam Pengembangan Budaya Belajar di Madrasah Aliyah Mu’allimin UNIVA Medan, dalam Jurnal Ittihad Vol. 1 No. 2

Fitriani, Nurul. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekpresif (Berbicara) Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Wayang Kartun di TK Anak Sholeh Muslimat NU Tuban. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, Volume 1 (2), 72-82. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no22022pp72-82

Habibatullah, Salwa. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4 (2), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315

Karlina, Dwi Nami. et. al. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di TK Apple Kids Salatiga. Jurnal Pendidikan Usia Dini Vo. 12 (1), 1-11.https://doi.org/10.21009/JPUD.12101

Kuswandi, Aang Andi. Implementasi Metode Bercerita Dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini 4-6 Tahun. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Pengembangan Anak Usia Dini, Vol. 1 (1), 31-39. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v1i1.28.

Maharwati, Ni Komang. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak PAUD Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology. Vol.2 (1) pp. 6-12. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800

Wulyani, Sri et.al. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Menggunakan Metode Cerita Bergambar. Jurnal Pendidikan Glasser, Vol 6 (1), 121-133. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1520.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Aziz, M., Napitupulu, D. S. ., & Ismayani, I. (2024). METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR: MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK IT ASSYAFIQ. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6363–6370. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27580