ANALISIS MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NIAS TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Authors

  • Ika Kristiani Telaumbanu Universitas Nias
  • Darisalim Telaumbanua Universitas Nias
  • Hendrikus Otniel Nasozaro Harefa Universitas Nias
  • Fatiani Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26373

Keywords:

Analisis, Motivasi, Perpustakaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam memanfaatkan perpustakan Universitas Nias, untuk mengetahui kendala mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam memanfaatkan perpustakaan Universitas Nias, untuk mengetahui upaya perpustakaan memotivasi mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam memanfaatkan perpustakaan Universitas Nias. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah rekaman dengan menggunakan  alat rekam HP (merekam semua pembicaraan) hasil gambar sebagai bukti nyata, kemudian buku catatan yang berfungsi untuk mencatat semua percakapan dengan sumber data. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa : Pertama, Motivasi mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan  kewarganegaraan dalam memanfaatkan perpustakaan Universitas Nias sudah cukup baik. Mahasiswa yang memanfaatkan perpustakaan merupakan mahasiswa yang mampu memperbaiki cara belajarnya untuk meningkatkan pengetahuan akademiknya baik itu mencari tugas kuliah dan referensi pembuatan skripsi mereka. Namun tidak sepenuhnya mahasiswa memanfaatkan perpustakaan karena adanya beberapa faktor. Kedua, Kendala yang dihadapi dalam motivasi mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam memanfaatkan perpustakaan Universitan Nias yaitu kesiapan sumber daya manusia (pegawai) dalam memahami dan mengetahui motivasi mahasiswa PPKn dalam memanfaatkan perpustakaan, perolehan referensi dan koleksi buku terbaru, serta fasilitas sarana dan prasarana yang minim atau kurang memadai. Ketiga, Upaya yang harus dilakukan dalam memotivasi mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam memanfaatkan perpustakaan Universitas Nias yaitu dengan cara memperbanyak koleksi buku terbaru, melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan serta menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi mahasiswa.

References

Abdul Rahmat. (2015). Aksara Jurnal Ilmu Nonformal. Gorontalo: Ideas Publishing.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Bu’ulolo, Idarwati. (2020). Analisis Motivasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan STKIP NIAS SELATAN.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Elfachmi Kuneifi Amin. (2016). Pengantar pendidikan. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group

Mishbahuddin. (2020). Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Menulis. Makassar : Penerbit Yayasan Salma.

Moh. Suardi. (2016). Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Indeks.

Mohamad, L. A. P. (2017) Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan Kota Magelang. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php Vol VI, Nomor 4, Tahun 2017. [ diacces 4 Maret 2020].

Mubarok, A. (2014). Pemanfaatan Perpustakaan sekolah Sebagai Sumber

Belajar Sejarah di MAN Nu Safinatul Huda Karimun Jawa Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 13 (6): C 101-140.

Nurul, M, Teguh, P & Marni. (2018). Kontribusi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA.

Rafa’i Abubakar, H. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Perss.

Salo, E. S. (2020). Analisis Manajemen Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Universitas Kristen Toraja.

Sandu, Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Sapto, Haryoko. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif, Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis. Makassar : Penerbit UNM.

Sardiman, AM. (2006). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugioyo. (2015). Metode Penelitian Pendidikaan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suwarno Wiji. (2010). Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tentang Perpustakaan

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Telaumbanu, I. K. ., Telaumbanua, D. ., Harefa, H. O. N. ., & Lase, F. . (2024). ANALISIS MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NIAS TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3307–3313. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26373