STRATEGI GURU PPKN DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI MORAL DALAM PEMBELAJARAN DI UPTD SMP NEGERI 7 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Lilis Dahlia Zendrato Universitas Nias
  • Berkat Persada Lase Universitas Nias
  • Fatiani Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26344

Keywords:

Strategi, Nilai Moral, Integrasi Nilai Moral.

Abstract

Masalah moral yang terjadi pada saat ini menjadi masalah yang sangat mendasar pada nilai manusia yang pada dasarnya terletak pada moral dan akhlaknya. Permasalahan moral itu sendiri tidak lepas dari perjalanan hidup manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mengidentifikasi strategi maupun kendala guru PPKn dalam mengintegrasikan nilai moral dalam pembelajaran di UPTD SMP Negeri 7 Gunungsitoli. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskrptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasi penelitian mengungkapkan bahwa penanaman nilai moral di UPTD SMP Negeri 7 Gunungsitoli dilaksanakan melalui pembiasaan pada kegiatan apel pagi. Yang dimana pada kegiatan tersebut anak-anak akan di berikan arahan serta bimbingan terhadap guru, kemudian peserta didik datang lebih awal di sekolah sehingga terbentuklah jiwa kedisplinan mereka, disiplin pada waktu dan disiplin dalam berpakaian. Ada pun yang menjadi strategi guru PPKn dalam mengintegrasikan nilai moral melalui pembelajaran diantaranya yaitu dengan menyisipkan nilai moral kedalam sebuah materi pembelajaran dan menjadi teladan atau contoh terhadap peserta didik. Kemudian yang menjadi kendala atau pun hambatan dalam mengintegrasikan nilai moral yaitu ketidak sesuaian antara metode atau strategi yang digunakan guru dengan gaya belajar siswa. Karna jika hal tersebut tidak sesuai maka tentunya proses pembelajaran kurang efektif dan efesien. Kendala selanjutnya yaitu, adanya peserta didik yang merasa jenuh atau bosan selama mengikuti proses pembelajaran dan karakter atau perilaku peserta didik yang beragam.

References

Ainur Azar, 2021. Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Vol.3 No 2

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1).

Berkat Persada Lase, 2020. Strategi Guru PPKn dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 3 Alasa Talu Muzoi. Jurnal Warta Edisi 63. Vol. 14 Nomor 1: 1-208

Daulay, Haidar Putra. 2012. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Eko Murdiyanto. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Press. Veteran.

Munaqasyah, (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Agama iIslam dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini yang Berkarakter. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 01 (01), 37-38

Natanya Febrianti, 2021 Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 5 No 2

Samsul Susilawati. M,Pd. 2020. Pembelajaran Moral dan Desain Pembelajaran Moral, Yogyakarta. PUSTAKA EGALITER.

Syarif Ahya, Mislinawati, S.PdI, M.Pd., dan Dra. Nurhaidah M. Insya Musa, M.Pd, 2019. Penanaman Nilai Moral Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah mahasiswa Pendidikan Guru sekolah Dasar. Vol. 4 No 3

Saiful Bahri, 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 03, No. 01

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Zendrato, L. D. ., Lase, B. P. ., & Lase, F. . (2024). STRATEGI GURU PPKN DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI MORAL DALAM PEMBELAJARAN DI UPTD SMP NEGERI 7 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3234–3240. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26344