PEMBINAAN ETIKA SOPAN SANTUN SISWA DI KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN PPPKN DI SMA NEGERI 2 ONOHAZUMBA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Mei Pasrah Kristin Lombu Universitas Nias
  • Hendrikus Otniel Nasozaro Harefa Universitas Nias
  • Adrianus Bawamenewi Universitas Nias
  • Amstrong Harefa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27448

Keywords:

Etika Sopan Santun, Pembelajaran PPKn.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPkn dalam pembinaan etika sopan santun siswa di kelas X melalui pembelajaran PPkn di SMA Negeri 2 Onohazumba tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. adapaun tujuan pengguanan pendekatan deskriptif adalah menggambarkan proses dari pelaksanaan penelitian yang di awali dengan observasi. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian itu sendiri dengan menggunakan handpone sebagai alat untuk merekam semua pembicaraan, hasil gambar sebagai bukti nyata dan buku catatan  yang berfungsi untuk mencatat percakapan dengan sumber data atau informa. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian dan pembahasan disimpulkan pertama,  pembinaan etika sopan santun cukup berkesinambungan dengan baik antara bapak dan ibu guru serta siswa. Pelaksanaan pembinaan etika sopan santun terhadap peserta didik diajarkan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah maupun melalui proses pembelajaran melalui mata pelajaran PPKn dengan mataeri pembinaan etika sopan santun, hal  ini juga mempunyai pengaruh dalam pembentukan moral peserta didik yang semakin menjadikan lebih taat dan bisa bertangung jawab atas perbuatannya masing-masing dan mendapat nilai etika serta nilai religius sehingga dapat menjadikan pribadi peserta didik yang lebih baik kedepannya. kedua, adapun kendalan dalam pembinaan etika sopan santun melalui pembelajaran PPKn yaitu karakteristik siswa yang berbada-beda, kurangnya pemahaman siswa tentang perilaku sopan santun dan kurangnya penanaman etika sopan santun di lingkungan keluargan yang berperan. ketiga upaya selama melakukan penelitian adapun temua yang di peroleh melalui wawancara yaitu hambatan atau kendala dalam pembinaan melalui pembelajaran.

References

Akbar, Sa’dun, Dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Antoro. Dwi Sunu. 2010. Pembudayaan Sikap Sopan Santun Di Rumah Dan Disekolah. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Terbuka.

Khasanah, N. (2022). Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlak Mahmudah Peserta Didik Melalui Metode Bercerita Sirah Nabawiyah (Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Al-Maus Shoffi Dusun Sikut Desa Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi) (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Mangunhardjana. A. M, 1986, Pembinaan: Arti Dan Metodenya, Kanisius, Yogyakarta.

Nisrima, S., Yunus, M., & Hayati, E. (2016). Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1).

Muhajir. 2010. Indahnya Memiliki Sopan Santun. Jurnal Ilmu Pendidikan

Rusmini. (2012). Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan. Jurnal Nasional

Ratnasari. Deni. 2013. Penanaman Sikap Sopan Santun Sebagai Pendidikan Moral Kepada Siswa Melalui Tata Tertib Sekolah. Jurnal Pendidikan. Surabaya:Unesa

Sapriya. 2012. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

Sumarsono., Dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Penerbit: Pt. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Surahman, E., & Mukminan, M. (2017).Peran Guru Ips Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa Smp. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan Ips, 4(1), 1-13.Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Pkn. Jakarta: Bumi Aksar

Susanto. Ahmad. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan.Jakarta : Pt Gramedia Puataka Utama.

Suseno, B. D., Nuryanto, U. W., Fidziah, F., Silalahi, S., Saefullah, E., Saleh,

Yuliananingsih., Darmo, T. 2019. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik. Edukasi: Jurnal Pendidikan. Vol 17 No 1. Hal 57-67.

Widayati, Sri. 2008. Aturan Sopan Santun Dalam Pergaulan.Semarang : Alprin. Yonny, Asep Dan Sri Rahayu Yunus. 2011. Begini Cara Menjadi Guru Inspiratif Dandisenangisiswa. Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Yunus, H. Mamud. 1972. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Pt. Hidakarya Agung.

Rusmini. (2012). Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan. Diakses Melalui Http://Id.Portalgaruda.Org/Index.Php? Ref=Browse&Mod=Viewarticle&Artic L E=96057 Pada Tanggal 16 Juni 2023. Jurnal Nasional

Pembinaan Etika Sopan Santu Peserta Didik Juni 2023. (Online) Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Pgsd/Article/View/2881. Pdf (Di Akses Pada, Jumat,16 Juni 2023)

Https://Www.Academia.Edu/35329242/Pembinaan_Etika_Sopan_Santun_Peserta_Didik_Kelas_V_Melalui_Pembelajaran_Pendidikan_Kewarganegaraan_Di_Sekolah_Dasar_Nomor_45_Kota Bengkulu (Di Akses Pada, Jumat, 16 Juni 2023)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Iplementasi Kultum Dalam Upaya Pembentukan Sopan Santun.

Wahyuanto, E. (2022). Pembaruan Regulasi Pos Dalam Upaya Modernisasi Dan Optimalisasi Layanan Pos Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2391–2397.

Wahyuanto, E. (2023). Kinerja Dosen Ditinjau Dari Kepemimpinan, Kompensasi Dan Motivasi Kerja Pada Sekolah Tinggi Multi Media ‘Mmtc’yogyakarta. Universitas Negeri Jakarta.

Wahyuanto, E., Giantoro, E., Widodo, J. D. T., & Yuniar, R. (2024). The Application Of Brainstorming Method In Developing Ideas In The Production Of Television Documentary Side Of Life Episode Not The Same. Technium Education And Humanities, 7, 54–65.

Wahyuanto, E., & Marwan, K. G. (2023). The Impact Of Digital Leadership, Compensation And Work Motivation On Educator Performance At Sekolah Tinggi Multimedia" Mmtc" Yogyakarta. Remittances Review, 8(4).

Downloads

Published

2024-04-18

How to Cite

Lombu, M. P. K. ., Harefa, H. O. N. ., Bawamenewi, A. ., & Harefa, A. . (2024). PEMBINAAN ETIKA SOPAN SANTUN SISWA DI KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN PPPKN DI SMA NEGERI 2 ONOHAZUMBA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4890–4895. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27448

Most read articles by the same author(s)