PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VI SD NEGERI 21 SUNGAI RAYA

Authors

  • Iswani Iswani Universitas Tanjungpura
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25896

Keywords:

Influence, STAD, Learning Outcomes

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya.  Eksperimen, dengan bentuk quasy eksperimental design, desain eksperimen non-equivalent control grup design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya. Sampel penelitian terdiri dari kelas VI A (28 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B (27 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Instrumen yang digunakan berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 45 soal. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test ( polled varians) diperoleh thitung  = 2,766 sedangkan  dk ( 28+27-2=53) dengan  taraf signifikan ? = 5% diperoleh ttabel = 1,6785, yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima, ini membuktikan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya. Hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh sebesar 0,52 yang termasuk kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint  memberikan pengaruh sedang terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya.

References

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintergrasi Kurikulum 2013. Malang: Gava Media

Hamalik, O. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamdayana, J. (2014). Model dan metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kustandi, C. , & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nabilah, H. N. (2018). Pengaruh Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Selatan [ Skripsi]. FKIP UNTAN Pontianak.

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Unversitas Press.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rusman (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori,Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Saputra, A. (2019). Pengaruh Model “ Cooperstive Tipe (STAD) Berbantuan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPA kelas V SDN 06 Koto Baru Dharmasraya. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), DOI: https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101332

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjiono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Pesada

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif ,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suprihatinigrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM (Cetakan ke-17). Yogyakarta: Pusat Pelajar.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) (Cetakan ke-1). Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Iswani, I., Halidjah, S. ., & Ghasya, D. A. V. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VI SD NEGERI 21 SUNGAI RAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2794–2799. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25896

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2