ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING BERDASARKAN TAHAP GENERALISASI POLA DAN DESAIN ALGORITMA SISWA DI KELAS III SDN 03 TOHO

Authors

  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21287

Keywords:

Analisis, Kemampuan, Computational Thinking

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis kemampuan Computational Thinking siswa di kelas III SDN 03 Toho berdasarkan tahap generalisasi pola dan desain algoritma. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengkaji dan menganalisis kondisi aktual kemampuan Computational Thinking siswa. Data yang digunakan diperoleh dengan menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Computational Thinking siswa di kelas III SDN 03 Toho masih tergolong sangat rendah khususnya pada aspek generalisasi pola dan desain algoritma. Hal ini disebabkan karena siswa belum pernah diberikan soal-soal berbasis Computational Thinking dan guru juga memahami terkait kemampuan tersebut sehingga belum pernah menerapkannya pada pembelajaran matematika di kelas.

References

Adler, R. F., & Kim, H. (2017). Enhancing future K-8 teachers ? Computational Thinking skills through modeling and simulations. Journal Education and Information Technologies, 23(4), 1501–1514.

Isro’il., & Supriyanto. (2020) Berpikir dan Kemampuan Matematika. Surabaya: Penerbit JDS.

Lestari. L., & Rosdiana. L. (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2), 178-188. Vol 4 No 2 (2023): RANGE January 2023 | RANGE: Journal of Mathematics Education (unimor.ac.id)

Maharani. S., Nusantara. N., As‘ari. A., & Qohar. A (2020) COMPUTITONAL THINKING Pemecahan Masalah di Abad Ke-21. Madiun: Wade Grup

Moleong, J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakraya.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA

Subkhi, Akhmad. 2013. Pengantar Teori dan Organisasi. Jakarta: Prestasi Puastaka Raya.

Sugiyono . (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanty. M. (2020) Berpikir Komputasional dan Pemrograman dengan Python. Jakarta: Salemba Infotek

Wing, J. M. (2008). Computational Thinking and thinking about computing. Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences. 366(1881), 3717–3725. . doi:https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118

Yuntawati., Sanapiah., & Aziz, L. A. (2017). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah MatEmatika. J-MPM, 9(1), 34-42. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Kresnadi, H., Ghasya, D. A. V. ., & Pranata, R. . (2023). ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING BERDASARKAN TAHAP GENERALISASI POLA DAN DESAIN ALGORITMA SISWA DI KELAS III SDN 03 TOHO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1660–1666. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21287

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>