ANALISIS KINERJA PENGURUS DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI

Authors

  • Said Almaududi Universitas Batanghari Jambi
  • Benar Sembiring Universitas Batanghari Jambi
  • Zuhri Saputra Hutabarat Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25446

Keywords:

Kinerja Pengurus, Kualitas Layanan, Partisipasi Anggota

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kinerja pengurus terhadap partisipasi anggota, mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota dan pengaruh kinerja pengurus dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota pada Koperasi Flamboyan di Kota jambi. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh antara kinerja pengurus dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota koperasi pada koperasi flamboyan di kota jambi sebesar 0,763 (76,3%). Terdapat pengaruh antara kinerja pengurus dan partisipasi anggota dengan koefesien sebesar = 0,0,602. Dan terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan partisipasi anggota dengan koefesien sebesar = 0,511 dengan persamaan regresi sebesar Y= 0,602+ 0,511. Adapun  sebesar 26,341 >  3,18. Dengan demikian  ditolak dan  diterima atau ada pengaruh antar variabel.

References

Afdal, 2012. Hubungan Kinerja Pengurus dengan Partisipasi Anggota Di Koperasi Pegawai Negeri Wajar Dinas P dan K Kota Jambi.

Anonim, 1992. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Arikunto, S, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S, 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Gramedia Press.

Kartasapoetra, dkk. 1992. Koperasi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Lijan, Poltak S, 2012. Kinerja Pegawai (Teori Pengukuran dan Implikasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muthis, Thoby, 1992. Pengembangan Koperasi. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Idiasarana Indonesia.

Ninik Widiyanti, 1991. Manajemen Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari (2013), Hubungan Pelayanan Koperasi Sekolah dengan Partisippasi Siswa dalam Berkoperasi di SMP Negeri 1 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Bayu Asin (SUMSEL). Universitas Jambi, Jambi.

Ropke, Jochen, 2003. Ekonomi Koperasi : Teori dan Manajemen. Bandung : Salemba Empat.

Sugiyono, 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pndekatan Kuantutatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, Johanes, 2012. Kualitas Pelayanan Publik (konsep, dimensi, indikator dan implementasinya). Jakarta:Rineka Cipta.

Suryabrata, 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Suwandi, 1982. Seluk Liku Koperasi Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Almaududi, S. ., Sembiring, B. ., & Hutabarat, Z. S. . (2024). ANALISIS KINERJA PENGURUS DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1861–1864. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25446

Most read articles by the same author(s)