DINAMIKA PENCEGAHAN DAN RESOLUSI KEKERASAN DI RUANG KELAS: MENGGAGAS PARADIGMA BARU DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN

Authors

  • Yati Yati Universitas Terbuka
  • Romi Siswanto Universitas Terbuka
  • Sri Sumiyati Sumiyati Universitas Terbuka
  • Sjaiful Munir Universitas Terbuka
  • Kadarisman Kadarisman Universitas Terbuka
  • Sucipto Sucipto Universitas Terbuka
  • Fitra Jaya Universitas Terbuka
  • Zuhri Saputra Hutabarat Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24855

Keywords:

Deteksi Dini, Kebijakan Pendidikan, Pencegahan Kekerasan, Pendidikan Dan Pelatihan, Peran Pendidik

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi pencegahan dan pengelolaan kekerasan di lingkungan pendidikan. Berfokus pada pendekatan multidisiplin, penelitian ini menyelidiki implementasi program pencegahan kekerasan, peran pendidik dan administrasi sekolah, dan dampak kebijakan pendidikan terhadap insiden kekerasan. Metodologinya mencakup analisis literatur yang komprehensif, mencakup studi kasus dan evaluasi kebijakan. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan yang efektif bagi para pendidik, seperti program "Jari Peri", berkontribusi signifikan terhadap pencegahan kekerasan. Selain itu, penerapan model deteksi dini kekerasan remaja telah terbukti efektif dalam mengidentifikasi dan mengatasi perilaku kekerasan pada tahap awal. Kajian ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman. Rekomendasinya mencakup pengembangan lebih lanjut program pelatihan pendidik, kebijakan sekolah yang jelas, dan peningkatan kesadaran masyarakat. Kesimpulan penelitian ini adalah diperlukan upaya kolaboratif dan pendekatan holistik untuk mencegah dan menangani kekerasan di lingkungan pendidikan.

References

Agustin, M., Saripah, I., & Gustiana, A. D. (2018). Analisis Tipikal Kekerasan Pada Anak Dan Faktor Yang Melatarbelakanginya. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.1.

Anggraeni, R. (2018). Pendidikan Kesehatan Tentang Perkembangan Psikososial Sebagai Upaya Pencegahan Kerasan Fisik Dan Verbal Pada Anak Usia Sekolah Di Kota Kendal (Health Education O Psychososial Development As An Effort Of To Prevent Physical And Verbal Violence Of School A. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 5(2), 97–104. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i2.ART.p097.

Gultom, R., & Muis, T. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma Hang Tuah 4 Surabaya Tahun Ajaran 2020/2021. HELPER?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 38(2), 79–87. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no2.a3943.

Indriani, I., Darmawani, E., & Arizona, A. (2022). Pemahaman Siswa Terhadap Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah Melalui Media Sosial. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 6(2), 95–100. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n2.p95-100

Mardiyati, I. (2015). Dampak Trauma Kekerasan dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikis Anak. Raheema, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.24260/raheema.v2i1.166.

Nafilatul Ain, Anna Fadilatul Mahmudah, Susanto, A. M. P., & Imron Fauzi. (2022). Analisis Diagnostik Fenomena Kekerasan Seksual Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 49–58. https://doi.org/10.47435/jpdk.v7i2.1318.

Nafisah, L., Aryani, A. A., & Rizqi, Y. N. K. (2021). Pelatihan Keterampilan Hidup untuk Melindungi Remaja dari Kekerasan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 456–465. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.6572.

Noer, K. U., Hanafi, A., Khairunnisa, D. A., & Putri, F. D. (2021). Sekolah Ramah Anak, Disiplin, Dan Budaya Kekerasan Di Sekolah Di Indonesia. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 11(1), 55. https://doi.org/10.15548/jk.v11i1.393.

NURWANTO, N., Marsudi, M., Ismail, G., & Azhar, M. (2015). Nilai-Nilai Perdamaian dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam (Akhlak) di Sekolah Muhammadiyah. Afkaruna, 11(1), 41–65. https://doi.org/10.18196/aiijis.2015.0043.41-65.

Panis, M. P., Lerik, M. C. D., Damayanti, Y., & Ratu, F. (2022). Efektifitas Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan terhadap Anak Pada Pasangan Orang Tua Muda di Kota Kupang. Indonesia Berdaya, 3(4), 1113–1120. https://doi.org/10.47679/ib.2022350.

Supartini, Y., Tambunan, E. S., Suheri, T., & Ningsih, R. (2022). Pengembangan Model Deteksi Dini Kekerasan Pada Remaja Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dalam Mendeteksi Adanya Kekerasan Pada Remaja. Quality?: Jurnal Kesehatan, 16(2), 82–95. https://doi.org/10.36082/qjk.v16i2.792.

Wahida, D., & Paramastri, I. (2020). Prevensi Kekerasan Seksual Pada Anak (KSA). Journal of Psychology Perspective, 2(1), 41–54.

Waliyanti, E., Kamilah, F., & Fitriansyah, R. R. (2018). Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia [JIKI], 2(1), 50. https://doi.org/10.31000/jiki.v2i1.831.

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Yati, Y., Siswanto, R. ., Sumiyati, S. S., Munir, S. ., Kadarisman, K., Sucipto, S., Jaya, F. ., & Hutabarat, Z. S. . (2024). DINAMIKA PENCEGAHAN DAN RESOLUSI KEKERASAN DI RUANG KELAS: MENGGAGAS PARADIGMA BARU DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1389–1396. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24855

Most read articles by the same author(s)