MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA

Authors

  • Firman Tara Universitas Batanghari Jambi
  • Harbeng Masni Universitas Batanghari Jambi
  • Arif Rahim Universitas Batanghari Jambi
  • Erlina Zahar Universitas Batanghari Jambi
  • Ade Rahima Universitas Batanghari Jambi
  • Zuhri Saputra Hutabarat Universitas Batanghari Jambi
  • Lili Andriani Universitas Batanghari Jambi
  • Sujoko Sujoko Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21516

Keywords:

Menulis Teks Berita, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaan Langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita antara siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita antara siswa berkemampuan awal rendah yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung; dan (4) mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemampuan awal terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Jambi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 24 yang terdiri atas 6 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VIIIA untuk kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas VIIIB untuk kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Penetapan sampel yang ditentukan dengan teknik purposive sampling . Data kemampuan menulis teks berita siswa diperoleh menggunakan tes unjuk kerja dan dianalisis menggunakan uji Anava dua arah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempengaruhi kemampuan menulis teks berita siswa.

References

Alijanian, E. (2012). The effect of student teams achievement division technique on english achievement of Iranian EFL learners. Theory and Practice in Language Studies, 2 (9), 191-197.

Amornsinlaphachai, P. (2014). Designing a learning model using the STAD technique with a suggestion system to decrease learners' weakness. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116 (2014), 431 – 435.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asma, N. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.

Atmazaki. (2009). Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang; UNP Press.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Chaer, A. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta:Rineka Cipta.

Danim, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Djafar, T. Z. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Universitas Negeri Padang.

Ermayanti. (2009). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP negeri 19 duri kecamatan mandau. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Pnerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibraheem, T.L. (2011). Effects of two modes of student teams-achievement division strategies on senior secondary school students’ learning outcomes in chemical kinetics. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 12 (7), 1—20.

Ibrahim, and Sudjana, N. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Iru, L. dan Arihi, L. O. S. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Joyce, B., Weil, M. And Calhounn E. (2011). Models of Teaching (terjemahan). Edisi delapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Gerakan Literasi Bangsa untuk Membentuk Budaya Literasi (Online), (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id, diakses 2 Agustus 2023).

Khan, G. N. (2011). Effect of student’s team achievement division (STAD) on academic achievement of students”. Asian Social Science, 7 (12), 211—215.

Kusumaningrat, H. dan Kusumaningrat, P. (2012). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kusumawardani, D. (2012). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA negeri 1 bangko kabupaten rokan ilir. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Slavin, R. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. and Ibrahim. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandang, K. (2016). Pengantar Jurnalistik: Organisasi, Produk dan Kode Etik. Edisi Revisi. Bandung:Nuansa Cendekia.

Sumadiria, A. S. H. (2011). Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogakarta: Ar-ruzz Media.

Suwanda. (2011). Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Tatalia, R. G. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan pemetaan pikiran (mind mapping) dengan mempertimbangkan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP negeri 1 panti. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.

Taufik, T. and Muhammadi. (2012). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Tran, V. D. (2013). Effect of student team achievement division (STAD) on academic, and attitudes of grade 9th secondary scholl students towards mathematics. International Journal of Sciences, 2 (4), 5—15.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Uno, H. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman, H., and Akbar, R. P. S. (2006). Pengantar Statistika. Edisi Kedua.Jakarta: Bumi Aksara.

Wang, T. P. (2009). Applying Slavin’s cooperative learning techniques to a college EFL Conversation Class. The Journal of Human Resource and Adult Learning 5 (1), 112—120.

Yeung, H. C. H. (2015). Literature review of the cooperative learning strategy – student team achievement division (STAD). International Journal of Education, 7 (1), 28—43.

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Tara, F. ., Masni, H. ., Rahim, A. ., Zahar, E. ., Rahima, A. ., Hutabarat, Z. S. ., Andriani, L. ., & Sujoko, S. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2264–2277. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21516

Most read articles by the same author(s)