VALUE CHAIN: DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DALAM PENGEMBANGAN PRODUK WISATA HALAL

Authors

  • Said Almaududi Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33375

Keywords:

Halal Value Cahin; Pengembangan Produk dan Wisata Halal

Abstract

Halal value chain merupakan sektor ekonomi syariah yang memainkan peranan penting dalam kemajuan ekonomi di Indonesia. Akan tetapi, bagi Indonesia, halal adalah potensi ekonomi yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Kota Jambi sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi dalam pengembangan halal value chain pada sektor industri pariwisata halal juga belum memanfaatkan potensi tersebut dengan baik. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah menganalisis halal value chain pada pengembangan produk wisata halal Kampoeng Radja di Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua jenis sumber data yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara 1 orang dan dokumentasi. Analisis SWOT digunakan sebagai salah satu teknik analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa halal value chain pada pengembangan produk wisata halal Kampoeng Radja di Kota Jambi masih perlu pembenahan seperti asset wisata yang belum berbasis syariah, khususnya kuliner yang belum memiliki sertifikat halal.

References

Ahla, A., Hulaify, A., Iman, H., & Budi, S. (n.d.). STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI SYARI’AH MELALUI PENGUATAN HALAL VALUE CHAIN

(Studi Kasus pada Industri Pariwisata Halal di Kota Banjarbaru).

Arijuddin, A. M., & Nurwahidin, N. (2023). Optimalisasi Peran Wakaf dalam Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. Jesya, 6(1), 422–435. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.92 8

Barliansah, P. B. (2019). ANALISIS RANTAI PASOK PARIWISATA (TOURISM SUPPLY CHAIN) DENGAN PENDEKATAN FUZZY LOGIC DI KOTA BANDUNG (Vol. 8,

Issue 3).

Fatmawati, S. :, Penguatan, R., Nilai, P., Sebagai, S. Y., Fatmawati, A. A., & Santoso, S. (2020). Penguatan Rantai Nilai Pariwisata Sebagai Strategi Pengembangan Kawasan Kota Tua Jakarta Menjadi Kawasan Wisata Ramah Muslim. In Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis (Vol. 6, Issue 03).

Firsty, O., & Suryasih, I. A. (n.d.). Jurnal Destinasi Pariwisata Strategi Pengembangan Candi Muaro Jambi Sebagai Wisata Religi.

Fradesa, F. (2022). The Potential of Sharia Tourism Muara Jambi Temple on Regional Economic Growth. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 53.

https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12( 1).53-68

Irena, P. A., Ceha, R., & Dzikron, M. (n.d.- a). Prosiding Teknik Industri Perancangan Rantai Pasok Pariwisata Halal Untuk Meningkatkan Wisatawan di Kabupaten Bandung Barat Menggunakan Metode Fuzzy Design of Halal Tourism Supply Chain to Increase Tourists in West Bandung Regency Using Fuzzy Logic Method.

Irena, P. A., Ceha, R., & Dzikron, M. (n.d.- b). Prosiding Teknik Industri Perancangan Rantai Pasok Pariwisata Halal Untuk Meningkatkan Wisatawan di Kabupaten Bandung Barat Menggunakan Metode Fuzzy Design of Halal Tourism Supply Chain to Increase Tourists in West Bandung Regency Using Fuzzy Logic Method.

Pengembangan, A., Halal, P., Siak, K., Syamsuadi, A., Trisnawati, L., & Elvitaria, L. (2021). ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI KECAMATAN SIAK HALAL TOURISM DEVELOPMENT ANALYSIS IN SIAK DISTRICT. 1(3), 212–218.

Pidekso, G. S., & Sumanto, A. (n.d.). Analisis perencanaan wisata di kecamatan junrejo dalam mempersiapkan wisata halal di Kota Batu. Bisnis Dan Pendidikan, 1(11), 1071–1080.

https://doi.org/10.17977/um066v1i11 2021p1071-1080

Pradesyah, R., & Khairunnisa, K. (2018). Analisis Penerapan Fatwa MUI Wisata Halal (Studi Kasus Hotel Syariah Medan). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 334–348. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i2.

Halal, S., Declare, S., Pratiwi, H., & Hutabarat, Z. S. (2024). Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul Diseminasi Standarisasi Jaminan Produk Halal dalam Memenuhi Kriteria. 2(1), 26–30. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v2i1.359

Pratiwi, H., Hutabarat, Z. S., Anggraini, N., & Zulfa, C. P. (2024). Analysis Of Purchasing Halal Certified Pempek Food Products In Muslim Consumer Preferences. 4(1), 1–3.

Riady, Y., & Hutabarat, Z. S. (2023). How is Economic Literacy and Consumptive Behavior? Through the Role of Student Learning Outcomes in Economic Education in Jambi Province (Issue Osc). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-290-3_18

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Almaududi, S. (2024). VALUE CHAIN: DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DALAM PENGEMBANGAN PRODUK WISATA HALAL . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 12053–12056. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33375