MEMBERDAYAKAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Humaysah Humaysah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Jihan Annisa Zarah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aisyah Harianto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Siti Luthfiyah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24778

Keywords:

Masjid, Pemberdayaan, Pusat Pendidikan Islam

Abstract

Masjid dan pendidikan Islam merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keduanya senantiasa berjalan beriringan dalam perjalanan panjang dinamika pendidikan Islam. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pemberdayaan masjid sebagai pusat pendidikan Islam dan mengoptimalkan potensi masjid sebagai pusat pendidikan Islam. Dengan menjawab berbagai pertanyaan di atas melalui analisis dan interpretasi yang mendalam, diharapkan artikel ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan pemberdayaan masjid dan pendidikan Islam secara umum. Artikel ini menggunakan pendekatan penelitian jenis penelitian kualitatif (library Research). Analisisnya menggunakan model interaksi Miles dan Huberman. Pasal ini menunjukkan bahwa pengesahan masjid sebagai pusat pendidikan Islam mencerminkan fungsi masjid selain salat lima waktu berjamaah. Di sini perlu dilakukan mobilisasi majelis ta’lim, pemberdayaan remaja, penyelenggaraan berbagai pelatihan dan seminar, menjadikan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan, meningkatkan kerjasama, pemberdayaan masyarakat miskin dan mendorong kemandirian masjid. Optimalisasi potensi masjid sebagai pusat pendidikan Islam harus dilanjutkan dengan perbaikan pengelolaan masjid, optimalisasi sektor keagamaan, sektor kepemudaan, sektor sosial, sektor budaya, dan sektor ekonomi. Untuk memberdayakan masjid dengan cara ini Pusat Pendidikan Islam, dengan berbagai konsep dijelaskan Pengelolaan masjid yang baik, serta optimalisasi berbagai area apa yang ada di dalam masjid tidak sebatas kata-kata saja tetapi juga ada tingkat tindakan aktual untuk kesejahteraan masjid dan implementasinya mengubah masjid menjadi pusat pendidikan Islam.

References

Afif, Mufti. 2020. “Fungsi Masjid Dalam Mengelola Dana Ziswah Sebagai Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat.” Islamic Economics and Philanthropy 03 (02): 749–72.

Alwi, M.A., Muhammad Muhib. 2020. “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Al-Hikmah 18 (1): 99–116. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i1.25.

Amir Husin, Asmarika, Aulia Fitri, Wismanto, Syukri. 2023. “Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Di Masjid Nurul Haq Kecamatan Marpoyan Damai Kelurahan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru” 4 (3): 5656–60.

Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, Wismanto. 2023. “Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin Di RT 01 RW 22 Kelurahan Sidomulyo Barat Kec . Tuah” 7: 207–12.

Arifin, Fajar. 2022. “Pelaksanaan Pemberian Nafkah Bagi Pelaku Khur?j Perspektif Hukum Keluarga Islam Di Indonesia,” 101.

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, Rafifah. 2022. “Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru SD/MI Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI.” Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 11: 282–300.

Basir, Abd., Sufian Suri, Andri Nirwana AN, Rahmat Sholihin, and Hayati Hayati. 2022. “Relevance of National Education Goals to the Guidance of the Al-Quran and Al-Hadith.” Linguistics and Culture Review 6 (January): 122–37. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS5.2088.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. 2022. “Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI 8: 100–110.

Effendi, Bahtiar, and Abdul Ghofar Saifudin. 2022. “Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Dakwah Dan Pemberdayaan Ekonomi Umat.” JIEF?: Journal of Islamic Economics and Finance 2 (2): 12–23. https://doi.org/10.28918/jief.v2i2.5989.

Elbina Saidah Mamla, Wismanto. 2021. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1 (2): 16.

Febri, I Wayan Nain, and Muhammad Muttaqien. 2023. “Peradaban Islam Era Nabi Muhammad S.A.W.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 5 (3): 2417–28. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1641.

Habib, lubis faisal. 2021. “Pemulihan Trauma Pada Anak Korban Bencana Dalam Perspektif Islam.” Skripsi, 1–73.

Hsb, Putra Halomoan, and Junda Harahap. 2022. “Mesjid Sebagai Pemberdayaan Ekonomi: Studi Atas Mesjid Al-Hidayah Padang Matinggi.” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 9 (2): 60–77. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v9i2.6013.

Ibrahim, Muhsinah. n.d. “Dayah, Mesjid, Meunasah Sebagai Lembaga Pendidikan Dan Lembaga Dakwah Di Aceh,” 21–34.

Ifendi, Mahfud. 2021. “Pendidikan Islam Rasulullah Saw Periode Madinah: Strategi, Materi Dan Lembaga Pendidikan.” Al-Rabwah 15 (01): 9–15. https://doi.org/10.55799/jalr.v15i01.71.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, Khairul Amin. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau.” Journal on Education 04 (04): 1448–60. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. 2021. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 131–46. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183.

“Jurnal Wismanto, Pendidikan Keimanan Dalam Al-Qur’an.” n.d.

Khasanah, Nevi Laila, Liza Arisca, Heru Hidayat, and Manajemen Masjid. 2023. “Jurnal Uluan ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) DOI?: Https://Doi.Org/10.37092/Ul.V5i1.Xxx Manajemen Masjid Dalam Optimalisasi Peran Dan Fungsi Masjid Agung Al-Ikhlas Desa Beliti Jaya Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Lubuklinggau , Indonesia Tempat” 1 (1): 21–34.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. 2022. “Ikhtiar Kepalamis Raudhatul Mushallin Tanjung Unggat Dalammeningkatkan Eksistensi Madrasah Yang Dipimpinnya Melalui Perbaikan Manajemen” 11 (2): 285–94.

Muhtadin, Sabilal. n.d. Sabilal Muhtadin Masjid Raya.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05 (03): 10192–204.

Nazma, Natasya Selvia. 2022. “Manajemen Masjid Agung H. Achmad Bakrie Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di Kabupaten Asahan Kisaran.” Institutional Repository, I–72. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/101297.

Pimay, Awaludin, Fania Mutiara Savitri, Islam Negeri, and Walisongo Semarang. 2021. “Dinamika Dakwah Islam Di Era Modern” 41 (1): 43–55.

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, Wismanto. 2022. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis ‘ Subsidi Silang ’ Pada SDIT Imam Asy-Syafii” 11 (2): 274–84.

Suryawati, Ely. 2021. “Pemberdayaan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam.” Al-Rabwah 15 (02): 60–69. https://doi.org/10.55799/jalr.v15i02.124.

Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik” 12: 327–37.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. 2023. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6 (1): 13. https://doi.org/10.29210/146300.

Usrina. 2016. “Manajemen Riayah Masjid Oman Al-Makmur Kota Banda Aceh.” Manajemen Riayah Masjid Oman Al-Makmur Kota Banda Aceh Skripsi, 1–23.

Wahyuddin, Ridhahabi Fidzi, and Muhammad Irhamna Husin. 2022. “Hubungan Antara Keberagamaan Islam Dengan Etos Ekonomi Pada Masyarakat Di Daerah Industri Tambang Batu Licin Kalimantan Selatan.” Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. 2023. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru” 4 (4): 1625–33.

Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, Deprizon. 2022. “Mitra PGMI?: Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI VIII: 50–59.

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, Elbina Mamla Saidah. 2023. “Pendidikan Karakter Generasi Mukmin Berbasis Integrasi Al Qur’an Dan Sunnah Di Sdit Al Hasan Tapung - Kampar” 12 (1): 196–209.

Wismanto., Zuhri Tauhid., Atiqah Zhafirah. 2023. “Upaya Pencegahan Budaya Syirik Di Media Sosial Melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan” 12: 338–50.

Wismanto. 2021. “Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru” 12 (1).

Wismanto, Munzir Hitami, and Abu Anwar. 2021. “Integrasi Islam Dan Sains Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN.” Jurnal Randai.

Wismanto, Wismanto, Nova Yanti, Yapidus Yapidus, Hamdi Pranata, and Deprizon Deprizon. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 9 (1): 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820.

Yossi, P. 2022. “Manajemen Masjid Muawannah Peninjauan Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan.” http://repository.radenintan.ac.id/21097/.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Humaysah, H., Zarah, J. A. ., Harianto, A. ., Luthfiyah, S. ., & Wismanto, W. (2023). MEMBERDAYAKAN MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1060–1067. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24778

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>