MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM MASA KLASIK

Authors

  • Lannuria Lannuria Universitas Muhammadiyah Riau
  • Unita Karinah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhammad Yusuf Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhammad Syamsi Dhuha Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24827

Keywords:

Masjid, Halaqah, Syaikh, Tafsir, Fiqh, Hadits, Madrasah

Abstract

Tumbuh dan berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan islam sejak masa klasik hingga masa modern tidak dapat dilepaskan dari sejarah masjid sebagai institusi awal dalam pendidikan islam klasik. Sebagai institusi pertama yang dibangun untuk mendidik umat setelah hijrah ke madinah, nabi menjadikan masjid sebagai basis utama lahirnya peradaban madani. Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah namun juga menjalani fungsi sosial, budaya, politik dan keamanan. Di masjid inilah pendidikan agama dalam bentuk yang paling dasar diberikan dan berkembang menjadi pusat kajian beragam keilmuan Islam dengan pengajar dari para sahabat utama dengan sistem pengajaran halaqah yang berkembang hingga sekarang pada pondok pesantren modern. Pesatnya perkembangan zaman mengakibatkan masjid bertransformasi menjadi madrasah dan mengakibatkan fungsi masjid direduksi menjadi tempat ibadah semata. Upaya mengembalikan fungsi dan peran masjid sebagai pusat peradaban pada masa modern kembali marak dilakukan dengan harapan munculnya peradaban baru yang berbasis pada masjid.

References

Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, Wismanto. 2023. “Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin Di RT 01 RW 22 Kelurahan Sidomulyo Barat Kec . Tuah” 7: 207–12.

Ardiwansyah, Bayu, Heri Cahyono, and Iswati. 2023. “Potret Gerakan Intelektual Dan Institusi Pendidikan Islam Di Indonesia Beserta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.” At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 7 (1): 158–78. http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/2692.

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, Rafifah. 2022. “Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru SD/MI Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI.” Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 11: 282–300.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, Wismanto. 2022. “Peran Ganda Guru Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sdit Al-Hasan Kec. Tapung Kab Kampar” 11: 301–8.

Azizah, Laelatul Rizki, and Kholid Mawardi. 2023. “Perkembangan Ilmu Pengetahuan Masa Dinasti Safawiyah.” Journal on Education 6 (01): 1471–82.

Cahyani, Alya, and Siti Masyithoh. 2023. “Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasardi Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Rabwah 17 (01): 61–72. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.253.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. 2022. “Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI 8: 100–110.

Fitri, Aulia, Mukh Nursikin, and Wismanto Amin, Khairul. 2023. “Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 5 (3): 9710–17. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, Rieskha Tri Adilah. EM. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru” 4 (6): 1734–10351.

Hasan, Moch. Sya’roni, and Nikmawati Nikmawati. 2020. “Model Pembelajaran Pai Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa Di Smk Dr Wahidin Sawahan Nganjuk.” TA’LIM?: Jurnal Studi Pendidikan Islam 3 (1): 1–21. https://doi.org/10.52166/talim.v3i1.1751.

Hasbullah, and Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan (Jakarta Indonesia). 2021. “Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan.” Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam 3 (1): 284. https://www.google.com/books?id=cWydAAAAMAAJ.

Hayatudin, Amullah, and Arif Rijal Anshori. 2021. “Analisis Model Pengelolaan Zakat, Infaq Dan Shadaqah (Zis) Di Mesjid Al Istiqomah Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7 (2): 661–68. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2230.

Hizbullah, Muhammad, Yeltriana Yeltriana, Haidir Haidir, and Alkausar Saragih. 2022. “Peran Dewan Kemakmuran Masjid Dalam Membangun Solidaritas Umat.” Titian: Jurnal Ilmu Humaniora 6 (2): 255–63. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21885.

Ifendi, Mahfud. 2020. “Dinasti Abbasiyah: Studi Analisis Lembaga Pendidikan Islam.” Fenomena 12 (2): 139–60. https://doi.org/10.21093/fj.v12i2.2269.

Isbir, Moh. 2017. “Studi Tentang Madrasah Nizhamiyah.” Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’Ah Islamiyah 24 (01): 48–58. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3174.

Islamiyah, Nurul. 2022. “Sejarah Kebangkitan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam.” Tarbawy?: Jurnal Pendidikan Islam 9 (1): 63–67. https://www.jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/3025.

Ismayani, Ismayani, Andi Warisno, Afif Anshori, and Andari Andari. 2023. “Pesantren Dan Pembaruan: Arah Dan Implikasi.” Research and Development Journal of Education 9 (1): 161. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14887.

Jakfar, Muhammad, Abdul Rauf Haris, and Fahmi Zulfikar. 2020. “Lembaga Tahfizh Al-Qur’an Dalam Sejarah Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14 (1): 1. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3320.

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, Rizka syafitri. n.d. “Pola Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam” 4 (3): 1162–68.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. 2021. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 131–46. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183.

Khairuddin, Khairuddin, and Muhammad Shaleh Assingkily. 2021. “URGENSITAS MENDIRIKAN MADRASAH DI SAMPING MASJID (Studi Sejarah Pendidikan Islam Masa Pembaruan).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10 (01): 413. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1338.

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. 2022. “Kemampuan Sumber Dayamanusia Dalammeningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islamdi Era Disrupsi 1Khairul” 11: 204–26.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. 2022. “Ikhtiar Kepalamis Raudhatul Mushallin Tanjung Unggat Dalammeningkatkan Eksistensi Madrasah Yang Dipimpinnya Melalui Perbaikan Manajemen” 11 (2): 285–94.

Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, Riska Syafitri. 2022. “Strategi Guru Pai Dalammengatasi Perilaku Bullying Di Mi Al – Barokah Pekanbaru” 11: 204–26.

Muslim. 2016. “Pertumbuhan Insititusi Pendidikan Awal Di Indonesia Kehadiran Erat Kaitannya Proses Islamisasi Masyarakat Pada Saat Itu Adalah Satu Kesatuan Yang Dalam Keluarga ( in Formal ). Sebab Pada Saat Itu Sudah Tentu Tidak Setelah Kuantitas Keluarga Islam Bertamba.” Bil Qolam Penidikan Islam 13: 19–37.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05 (03): 10192–204.

Nahwiyah, Sopiatun, A. Mualif, Rita Haironi, Ikrima Mailani, and Wismanto Wismanto. 2023. “Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau.” Journal on Education 5 (3): 9573–83. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1830.

Nata, Abudin. n.d. “Abudin Nata, Paradigma Pendidikan Islam (Jakarta: Grasindo, 2001), Hlm. 152 1,” 1–29.

Putri, Asih Kartika, Yazida Ichsan, Juliani Abd Wahab, M Chairul Ashari Akhmad, and Universitas Ahmad Dahlan. 2023. “Dinasti Abbasiyah: Kemajuan Pendidikan Islam Dan Konstekstualisasinya Pada Masa Kini.” Tsaqofah & Tarikh Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam 8 (1): 1–12.

Rachman, Utomo, and Agus Widodo. 2023. “Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin Dan Kontekstualisasinya Pada Pendidikan Islam Masa Kini.” AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 4 (1): 250–59. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3355.

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, Wismanto. 2022. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis ‘ Subsidi Silang ’ Pada SDIT Imam Asy-Syafii” 11 (2): 274–84.

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. n.d. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru” 4 (1): 1082–88.

Salsabila, Rosanti. 2021. “Sejarah Dinasti Abbassiyah Dan Perkembangan Pendidikan Islam Masa Modern.” Alsys 1 (1): 97–112. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.22.

Supriatna, Asep, Vina Febiani Musyadad, Asep Dudin, Abdul Latip, Cecep Sundulusi, and Alfyan Syach. 2022. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Nizham Al-Mulk Serta Kontribusinya Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11: 659–74. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2132.

Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik” 12: 327–37.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. 2023. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6 (1): 13. https://doi.org/10.29210/146300.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. 2023. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru” 4 (4): 1625–33.

Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, Deprizon. 2022. “Mitra PGMI?: Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI VIII: 50–59.

Wismanto., Zuhri Tauhid., Atiqah Zhafirah. 2023. “Upaya Pencegahan Budaya Syirik Di Media Sosial Melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan” 12: 338–50.

Wismanto. n.d. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.”

Wismanto Abu Hasan. 2016. Kitabut Tauhid “Esa-Kanlah Aku.” Pemalang: Nasya Expanding Manajemen.

———. 2018. Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar Memahami Tauhid Dan Syirik. 1st ed. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Wismanto, Wismanto, Nova Yanti, Yapidus Yapidus, Hamdi Pranata, and Deprizon Deprizon. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 9 (1): 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820.

Yaqien, Nurul. 2021. “Manajemen Mutu Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.” J-Mpi 6 (1): 29–40. https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.11023.

Yusra, Al Firman, and Zulmuqim Zulmuqim. 2022. “Pendidikan Islam Masa Rasulullah Dan Eksistensi Kuttab Serta Masjid Dalam Pengembangan Pendidikan Islam.” Jurnal Kawakib 2 (2): 130–37. https://doi.org/10.24036/kwkib.v2i2.28.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Lannuria, L., Karinah, U. ., Yusuf, M. ., Dhuha, M. S., & Wismanto, W. (2023). MASJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM MASA KLASIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1101–1109. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24827

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>