MASJID ASY SYAKIRIN SEBAGAI SUMBER INFORMASI DAN PUSAT KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT

Authors

  • Nur’ Adilla Asfi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Farhan Rifai Universitas Muhammadiyah Riau
  • M. Iqbal Ramadhan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rafki Parifia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24100

Keywords:

Masjid; Pendidikan Islam; Sumber Informasi dan Pusat Komunikasi

Abstract

Konsep umat Islam yang menganggap masjid sebagai tempat shalat dan ritual berlangsung adalah sebuah kesalahpahaman, karena pada kenyataannya masjid adalah aktivitas, sumber informasi dan pusat komunikasi pendidikan islam pada masyarakat. Penelitaian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa masjid adalah sebagai sumber informasi dan pusat komunikasi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Berdasarkan data dan deskripsi penulis, ditemukan bahwa masjid merupakan tempat umat Islam melakukan ritual keagamaan seperti sholat berjamaah. Namun masjid tidak hanya menjadi tempat sholat berjamaah, tetapi juga pusat informasi dan komunikasi. Komunikasi tercipta melalui kegiatan Dakwah. Dakwah sebagai media komunikasi mempengaruhi perkembangan kepribadian setiap orang. Karakter pribadi, keagamaan, dan sosial seseorang terbentuk melalui kegiatan dakwah yang memanfaatkan masjid sebagai pusat komunikasi

References

Amir Husin, Asmarika, Aulia Fitri, Wismanto, S. (2023). Pelatihan penyelenggaraan jenazah di masjid nurul haq kecamatan marpoyan damai kelurahan tangkerang barat kota pekanbaru. 4(3), 5656–5660.

Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, W. (2023). Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin di RT 01 RW 22 Kelurahan sidomulyo Barat Kec . Tuah. 7, 207–212.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.

Azzama, A., & Muhyani. (2019). Manajemen Masjid Jogokariyan Yogyakarta sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat. Komunika: Juounal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/komunika/article/view/473

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.

Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.

Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, Khairul, W. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786

Hamdani, D. (2023). MODEL PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPSI BERBASIS MANAJEMEN DAKWAH. 6, 2223–2230.

Handayani, F. (2020). (2020). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI05 LAWANGAGUNG SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). In Malaysian Palm Oil Council (MPOC) (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Intan, & Rini. (2021). An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 573–583. http://annuha.ppj.unp.ac.id

Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.

Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 34–40.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.

Muhlis, M., Jasad, U., & Halik, A. (2018). Fenomena Facebook Sebagai Media Komunikasi Baru. Jurnal Diskursus Islam, 6(1), 19–35. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i1.6759

Mujiwati, Y. (2016). Nilai-nilai Demokrasi dalam Islam untuk Membangun Karakter Masyarakat | Al-Makrifat: jurnal kajian Islam. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 163–172. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3013

Munawan, M. (2018). A Critical Discourse Analysis dalam Kajian Tafsir Alquran: Studi Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Tajdid, 25(2), 155. https://doi.org/10.36667/tajdid.v25i2.303

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Muthmainnah. (2023). MEMANFAATKAN “ P ODCAS T ” SEBAGAI STRATEGI DAKWAH DI ERA DISRUPSI?: 6, 2231–2240.

Nurchakim, L. (2023). Aspek Pendidikan Karakter Religius Luqmanul Hakim Kepada Putranya ( Tinjauan Kajian Tafsir Al-Maraghi ). 4(4), 2258–2266.

Nuryanti. (2023). Urgensi Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Era Disrupsi. 4(4), 2243–2249.

Pendidikan, N. R.-A.-F. J. S. D. P., & 2018, undefined. (n.d.). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Lppm-Unissula.Com. Retrieved March 25, 2021, from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/3203

Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.

Rizal, M. . (2021). MASA COVID-19 ( Studi Pengelolaan Dana Wakaf Sebagai Modal Usaha Mikro Jama ’ ah di Masjid Baiturrohman Madiun ) TESIS Oleh?: M SAIFU RIZAL INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI. 19.

Rosyidah, A. (2022). TANTANGAN DAN STRATEGI DA’I MUDA DALAM BERDAKWAH di ERA DIGITAL. Al-Tsiqoh?: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.31538/altsiq.v7i2.2685

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.

Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Tasmin, M. (2020). Konsep Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 4(02), 229–243. https://doi.org/10.37274/rais.v4i02.330

Wahyuni. (2023). PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAKWAH DI ERA DISRUPSI?: TINJAUAN PERKEMBANGAN METODE DAKWAH ISLAM. 6, 2292–2301.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.

Wismanto, Zuhri Tauhid, A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.

Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.

Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).

Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Asfi, N. A. ., Rifai, F. ., Ramadhan, M. I. ., Parifia, R. ., & Wismanto, W. (2024). MASJID ASY SYAKIRIN SEBAGAI SUMBER INFORMASI DAN PUSAT KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 230–239. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24100

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>