PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENULISKAN CERITA NARASI

Authors

  • Azmi Yuliana Universitas Al Washliyah Medan
  • Fitri Yulia Universitas Al Washliyah Medan
  • Mardiah Mardiah Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24317

Keywords:

Metode Reflektif, Cerita Narasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggunakan model pembelajaran reflektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri No. 066044 Jl. Kemuning Perumnas Helvetia Kec.Medan Helvetia Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas denga dua siklus, yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menulis narasi dengan penerapan model pembelajaran Reflektif.  Alat pengumpulan data menggunakan observasi  dan tes. Pada pre test awal diperoleh tes hasil belajar siswa pada materi pokok menulis narasi yaitu dengan nilai rata-rata 46 dan presentase 17% (4 siswa). Setelah diterapkan model pembelajran reflektif pada siklus I diperoleh tingkat pencapaian hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 64 dengan presentase 46% (11 siswa) terjadi peningkatan sebesar 29%. Sedangkan pada siklus II diperoleh tingkat pencapaian hasil belajar mencapai nilai rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 92% (22 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa bila diterapkan pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok menulis narasi di Kelas V SD Negeri No. 066044Jl. Kemuning Perumnas Helvetia Kec. Medan Helvetia Kota Medan.

References

Aem, Ali Imron. 1985. Buku Pegangan Kuliah Ringkasan Bahasa Indonesia.Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Kusmayadi, Ismail. 2010. Seni Merangkai Kata: Terampil Menulis Karangan Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi.Jakarta. Trias Yoga Kreasindo.

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta Anggota IKAPI.

Poerwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Robbins. 1991.The Action Recearch Planner. Victoria : Deakin University.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sigit, M. 2003. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamet, St. Y. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Suparno & Mohammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis.Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tarigan, Henry Guntur. 2005. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yamin, Martinis. 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jambi: Referensi (GP Press Group)

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Yuliana, A. ., Yulia, F., & Mardiah, M. (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENULISKAN CERITA NARASI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 385–392. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24317