ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM ANIMASI NUSSA RARA PADA EPISODE “ SEDEKAH JUMAT BERKAH”

Authors

  • Mardiah Mardiah Universitas Alwashliyah Medan
  • Azmi Yuliana Universitas Alwashliyah Medan
  • Yulia Warda universitas al washliyah medan
  • Fitri Yulia Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17764

Keywords:

Semiotika, Nilai Pendidikan, Film Animasi

Abstract

Film animasi cukup banyak di minati dikalangan anak-anak, tetapi tidak menutupi kemungkinan bahwa kaum remaja dan orang tua juga menyenangi film animasi tersebut. Dimana salah satunya adalah film animasi Nussa Rara yang berbau unsur keislaman bagi setiap umat islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan semiotika visual dan nilai pendidikan dalam film animasi Nussa dan Rara. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kaalitatif interpretatif dan hanya terfokus pada analisis semiotika visual : warna, gestur dan karakter yang khusus dituju hanya kepada tokoh utama saja dan dibatasi dengan nilai pendidikan agama dan sosial pada episode “Sedekah Jumat Berkah”. Analisis data yang digunakan dalam semiotika visual adalah teori Roland Barthes, yang mengarahkan tingkatan makna : denotatif dan konotatif serta kajian nilai-nilai pendidikan religius dan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semiotika visual terdapat dalam film animasi Nussa Rara dengan terfokus pada tokoh utama dan visual warna, gestur dan karakter, sehingga tokoh utama tersebut menciptakan karakter yang di minati oleh anak-anak, remaja  dan orang tua. Hasil penelitain ditemukan nilai-nilai pendidikan yaitu nilai agama, moral dan nilai sosial, sehingga dapat diterapkan kepada kalangan anak-anak terutama usia dini.

References

Ali, N. (1979). dasar-dasar ilmu mendidik. Mutiara.

Danesi, M. (2011). Pesan, Tanda dan Makna. Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. jalasutra.

Haryadi. (2020). Manfaat Sastra Lisan Nusantara dalam Pembangunan Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 73.

KBBI Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. balai pustaka.

Moleong, J. L. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. remaja rosdakarya.

Roland Barthers. (2010). Membeda Mitos-mitos Budaya massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi. jalasutra.

Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. remaja rosdakarya.

Sukardi. (1997). Pendidikan Budi Pekerti dalam Dongengan Sulawesi Selatan. depdikbud.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Mardiah, M., Yuliana, A. ., Warda, Y. ., & Yulia, F. . (2023). ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM ANIMASI NUSSA RARA PADA EPISODE “ SEDEKAH JUMAT BERKAH”. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 490–497. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17764