UPAYA PEMERTAHANAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING PADA PERSPEKTIF GLOKALISASI

Authors

  • Muhamad Nukman Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23491

Keywords:

Budaya, Pembelajaran Bahasa Asing, Perspektif Glokalisasi

Abstract

Kajian literatur review ini bertujuan untuk menyajikan suatu kajian  glokalisai  yang berpengaruh terhadap semua bidang, termasuk dalam hal ini adalah bidang pendidikan dan kebudayaan. Penemuan akan hal ini meninspirasi penulis untuk menghubungkan kajian ini dengan gagasan George Ritzer yang menyatakan bahwa teori glokalisasi itu adalah teori belajar yang memiliki suatu pedoman untuk berfikir secara global lalu bertindak secara lokal sesuai dengan masyarakat lokal. Metode yang digunakan dalam literatur ini menggunakan SLR (Sistematic Literatur Reiew) dan menggunakan teori Glocal Engegement Dimension yang dikemukakan oleh Fay Patel (Konsultan Perguruan Tinggi Internasional). Dalam GED terdapat empat dimensi (intelektual, Emosi, Aksi, dan Moralitas) yang merupakan komponen penting dari kerangka kerja glokalisasi pendidikan. Hasil dari kajian literature ini adalah Fenomena anak usia sekolah yang senang dengan budaya asing menjadikan kewaspadaan untuk mengangkat dan melestarikan budaya lokal agar menjadi bagian integratif dalam pembelajaran bahasa di sekolah, terutama dalam pembelajaran bahasa asing. Sekarang ini, penguasaan bahasa-bahasa lain selain bahasa nasional dan bahasa daerah menjadi suatu keharusan. Budaya lokal merupakan budaya yang dimiliki oleh suatu wilayah dan mencerminkan keadan sosial di wilayahnya. Beberapa hal yang termasuk budaya lokal diantaranya adalah cerita rakyat, lagu daerah, ritual kedaerahan, adat istiadat daerah, dan segala sesuatu yang bersifat kedaerahan. Pada akhirnya, mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran bahasa asing diharapkan akan mengimbangi pengaruh budaya asing yang semakin mewabah di masyarakat kita  

References

Agustin, Y. (2011). Kedudukan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Deiksis, 3(04), 354-364.

Alwasilah, A.C. 1993. Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemamapuan Berbahasa Inggris Sebagai dalam Menyongsong ASEAN Community. Profesi Pendidik, 3(1) 102-106.

Hasanah, N. (2018). Glokalisasi kurikulum Cambridge di sekolah dasar yang berbabis Islam (Master's thesis, Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta).

Huda, Nuril. 2003. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Asing. Makalah Seminar Politik Bahasa, Bogor, 8-12 November.

Krisnawati, V. (2013). Pemertahanan Nilai-Nilai Budaya Lokal Melalui Pembelajaran Menulis Puisi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Marsudi. (2009). Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan. Sosial Humaniora. 1(2) 172-184

Marsudi dan Siti Z. (2015). Kesetiaan Berbahasa Indonesia dipertanyakan di era Globalisasi. Sosial Humaniora, 8(1), 95-105.

Murti, S. (2015). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Bulan Bahasa. Universitas Bengkulu: 177-184.

Nisa, K. M. (2018). Glokalisasi: Membangun Pendidikan Global Berbasis Kearifan Lokal Pada Pondok Modern. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 5(1), 101-116.

Page, M. J., Moher, D., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hro?bjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., Mcdonald, S., ... Mckenzie, J. E. (2021). PRISMA 2020 explanation and elaboration: Updated guidance and exemplars for reporting systematic reviews. In The BMJ (Vol. 372). BMJ Publishing Group. https://doi.org/10.1136/bmj.n160 .

Qodriani, L. U., & Kardiansyah, M. Y. (2017). Glokalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris. In Jurnal Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat, Seminar Nasional Bahasa dan Sastra.

Saini K.M. 2005. ”Kearifan Lokal di arus Global”, dalam Pikiran Rakyat, Edisi 30 Juli 2005.

Saragih, D. K. (2022). Dampak Perkembangan Bahasa Asing terhadap Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2569-2577.

Selcuk, A. A. (2019). A Guide for Systematic Reviews: PRISMA. Turkish Archives of Otorhinolaryngology, 57(1), 57– 58. https://doi.org/10.5152/tao.2019. 4058.

Tarigan, Henry Guntur. 1991. Metode Pengajaran Bahasa 1. Bandung: Angkasa.

Yuliasari, H., & Kusuma, R. M. (n.d.). A Systematic Literature Review: Commitment and Job Satisfaction Towards the Performance of Public Health Centre Cadres.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Nukman, M., Mariana, N. ., & Subrata, H. . (2024). UPAYA PEMERTAHANAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING PADA PERSPEKTIF GLOKALISASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 276–283. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23491