PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR PWB DALAM MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN PENGTAHUAN BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS IV C SDN MANUKAN KULON SURABAYA

Authors

  • Sherly Krismonika Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya
  • Ana Sofiya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28396

Keywords:

Media Pembelajaran PWB, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS dengan menggunakan media pembelajaran PWB (Papan Warisan Budaya) yang isinya kompleks akan budaya daerah di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV C SDN Manukan Kulon Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan melibatkan 30 peserta didik. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV C. Hasil belajar saat siklus I  peserta didik yang mencapai KKM sebesar 72%, dan lebih meningkat pada siklus II sebesar 91%. Dilihat dari hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran PWB (Papan Warisan Budaya) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV C SDN Manukan Kulon Surabaya.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkasa.

Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo

KK Ummah, dkk. 2014. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Krismonika, S. ., Mariana, N. ., & Sofiya, A. . (2024). PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR PWB DALAM MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN PENGTAHUAN BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS IV C SDN MANUKAN KULON SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5831–5839. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28396