PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR PWB DALAM MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN PENGTAHUAN BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS IV C SDN MANUKAN KULON SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28396Keywords:
Media Pembelajaran PWB, Hasil BelajarAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS dengan menggunakan media pembelajaran PWB (Papan Warisan Budaya) yang isinya kompleks akan budaya daerah di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV C SDN Manukan Kulon Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan melibatkan 30 peserta didik. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV C. Hasil belajar saat siklus I peserta didik yang mencapai KKM sebesar 72%, dan lebih meningkat pada siklus II sebesar 91%. Dilihat dari hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran PWB (Papan Warisan Budaya) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV C SDN Manukan Kulon Surabaya.References
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkasa.
Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo
KK Ummah, dkk. 2014. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sherly Krismonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.