MENERAPKAN PENDIDIKAN DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR ALA JEPANG SHITSUKE (?)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23497Keywords:
Pendidikan, Disiplin, Jepang, Sekolah Dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan pendidikan disiplin di sekolah dasar dengan pendidikan disiplin ala jepang. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Systematic Literature Review (SLR). Dari hasil penelusuran ditemukan 30 Artikel kemudian dilakukan penyaringan dan dipilih 11 artikel yang relevan dengan topik pendidikan disiplin di sekolah dasar ala jepang, artikel yang dijadikan referensi mulai dari tahun 2019 sampai 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukan pendidikan disiplin di sekolah dasar dengan menduplikasi konsep pendidikan disiplin di jepang, dibuktikan dari 11 artikel yang diteliti mampu menjawab pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Bagaimana implementasi kurikulum dalam penanaman disiplin sekolah di jepang. (2) apa saja program dalam menerapkan penanaman disiplin sekolah di jepang. (3) apa manfaat dari penerapan pendidikan disiplin di sekolah. Hasil dan temuan dalam artikel-artikel tersebut menunjukan adanya manfaat dari penerapan pendidikan disiplin di sekolah, yaitu: (1) membentuk karakter yang kuat seperti bertanggung jawab, mandiri, mampu mengatasi permasalahan sendiri. (2) meningkatkan efektivitas belajar, siswa fokus dalam pembelajaran, siswa belajar sungguh-sungguh dan hasil belajar yang di dapatkan lebih baik. Dari hasil ini membuktikan adanya pengaruh positif dalam penerapan pendidikan disiplin di sekolah dasar dengan menduplikasi disiplin ala jepangReferences
Ananda Y R. 2017. Pembiasaan Budaya Karakter 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) melalui konseling kelompok Teknik modeling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Proceedings/International Conference. https://www.gci.or.id/assets/papers/ascc-2017-156.pdf
Chan Faizal. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin pada Peserta Didik di SD Negeri 187/1 Teratai. Vol 4 (2) https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/405
Ernawanto Y. 2022. Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Vol.6 No.3 Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Mulyadi Budi. 2019. Model Pendidikan Karakter anak usia dini dan anak usia sekolah dasar di jepang. Journal Kiryoku, Volume 3 No.3 https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/26323
Rosita Dike. 2022. Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Vol 8 No.2 DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274
Halwa D.P. 2023. Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia dan Jepang. Vol 6 N0.1 https://edukasi.sindonews.com/read/1176297/212/perbedaan-sistem-pendidikan-indonesia-vs-jepang-bagaimana-sistem-kelulusannya-1692072482
Jannah L.R. 2021. Implementasi Budaya Shitsuke dalam Lingkungan Sekolah Dasar di Jepang. https://repository.stba-jia.ac.id/297/
Raup Abdul. 2022. Pengembangan Model Pengelolaan Pendidikan Karakter di Sekolah: Haruskah Belajar dari Jepang. Volume 5 No.9 Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP). https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/915
Wuryandani W. 2022. Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan. DOI: 10.21831/cp.v2i2.2168. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2168
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isa Suhada, Heru Subrata, Neni Mariana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.