ANALISIS DAN DAMPAK KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL TENTANG DESENTRALISASI PENDIDIKAN

Authors

  • Roni Indra Partini UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Syafni Nurti UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Fadriati Fadriati UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22645

Keywords:

Analisis, Dampak Kebijakan, Desentralisasi Pendidikan

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam kecerdasan manusia. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan model analisis kebijakan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kebijakan pendidikan. Pendidikan Juga merupakan bagian tak terpisahkan dan selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti halnya kesejahteraan ekonomi dan kesehatan. Pembangunan sekolah masuk dalam ranah kebutuhan rakyat karena masuk dalam fasilitas umum yang banyak dimanfaataatkan untuk menuntut ilmu. Perkembangan yang terjadi di SD Negeri 20 Timbulun tidak lebih baik dibandingkan dengan di SD lainnya. Hal ini  cenderung mengalami penurunan setelah terjadinya peningkatan. Hal ini memvisualisasikan terjadinya ketidak stabilan pembangunan fasilitas SD Negeri 20 Timbulun. Selain itu beberapa SD Negeri 20 Timbulu letaknya berada di dusun. Selain lokasinya yang berjauhan dengan ibu kota kabupaten, beberapa sekolah dasar pun masih menggunakan jasa para personel TNI untuk melakukan aktivitas pemebelajaran dikarenkan masih minimnya tenaga pengajar. Sejatinya, terdapat berbagai bidang yang menjadi kewenangan dalam desentralisasi pendidikan di daerah, Dekat sekolah tersebut salah satunya yakni bidang pengembangan Sumberdaya Manusia. Banya.. Tidak semua pendidik mampu dan siap untuk menjalankan tugasnya untuk mendidik, terlebih pada kawasan perbatasan. Itu sebabnya

References

B., A. (2008.). Pembelajaran Moral. . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ariana Syafty Bugis, Refian Body, and Toto Andayono, ‘Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri 4 Pariyaman’, Cived: Journal Of Civil Engineering and Vocational Education, 5.3 (2018), 1-5

Arlita, S. E., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Akademik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 8-14. Google Scholar

Azis, A. (2017). Manajemen Perumusan Kebijakan Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 181-195. http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1377

Bintari, Antik, and Landrikus Hartarto Sampe Pandiangan. 2016. “Formulasi Kebijakan Pemerintah Tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (Bumd) Perseroan Terbatas (Pt) Mass Rapid Transit (Mrt) Jakarta Di Provinsi Dki Jakarta.” Jurnal Ilmu Pemerintahan :CosmoGov 2(2): 220

Irianisyah, S., Harapan, E., & Houtman, H. (2020). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 1-7

Irianto, Yoyon Bahtiar. 2011. Kebijakan pembaharuan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Januar, I. 2006. Globalisasi pendidikan dI indonesia, (Online), (www.friendster.com/group/tabmain.php?statpos=mygroup&gid=340151),

Lailatussaadah, L. (n.d.). , ‘Upaya Peningkatan Kinerja Guru’, Intelektualita, 3.1 (2015), 243106.

Lailatussaadah, L., ‘Upaya Peningkatan Kinerja Guru’, Intelektualita, 3.1 (2015), 243106

Madjid, A. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan. . Yogyakarta: Samudra Biru.

Madjid, ABD, Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru,2018.

Madrasah Aliyahal-Falah Arungkeke Kabupatenjeneponto’, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8.1 (2019), 848–70

Munir. (2010). Pendidikan Karakter. Yogyakarta:: PT Pustaka Insan Maqdani, Anggota IKPI.

Slameto, Bambang S Sulasmono, and Krisma Widi Wardani, ‘Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya’, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27.2 (2017), 38–47

Sunanto, ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh’, Intelektualita : Kajian Pendidikan, Manajemen, Supervisi Kepemimpinan, Psikologi dan Konseling, 3.1 (2015), 51-64< https://jurnal.ar- rainy.ac.id/index.php/intel/article/view/199>

Surya, M. (2002). Dasar-dasar Kependidikan di SD. . Jakarta: Pusat penerbitan Universitas Terbuka.

Wardoyo, C. 2007. Urgensi Pendidikan Moral (Online), (http://www.nu.or.i)

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Partini , R. I. ., Nurti , S. ., & Fadriati, F. (2023). ANALISIS DAN DAMPAK KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL TENTANG DESENTRALISASI PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3332–3339. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22645