PERANAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI ERA GLOBALISASI DI SMP 3 SAWAHLUNTO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22283Keywords:
Peranan Guru PAI, Budi Pekerti, Karakter Siswa, Era GlobalisasiAbstract
Adapun Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakter siswa di SMP 3 Sawahlunto pada Era Globalisasi 2) Mengetahui dan menganalisis peran guru PAI dalam membentuk karakter siswa di SMP 3 Sawahlunto 3) Mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam membentuk karakter siswa di SMP 3 Sawahlunto. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 3 Sawahlunto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Karakter siswa di SMP 3 Sawahlunto yang dari segi religius dan tanggung jawab sudah dikatakan baik. Berbagai upaya dilakukan sekolah demi menanggulangi permasalahan dalam pembentukan karakter religius dan tanggung jawab siswa diantaranya melalui pembiasaan solat dhuha, Muhadarah dan Tahfidz Al-Qur’an; 2) Peran yang dimiliki oleh guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan karakter siswa di SMP 3 Sawahlunto, diantaranya adalah: edukator, tutor, pemimpin, mentor, penasihat atau motivator, evaluator, koordinator, dan tauladan; 3) Faktor pendukung dalam membentuk karakter religius dan tanggung jawab siswa di SMP 3 Sawahlunto dipengaruhi oleh: standar isi kurikulum yang digunakan, kepemimpinan kepala sekolah, peran guru PAI, komitmen seluruh warga sekolah, dan peran orangtua dalam program sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya kepedulian dari beberapa orangtua dan guru, minimnya pengetahuan orangtua tentang pendidikan karakter, lingkungan sekolah yang kurang mendukung, kesadaran dari siswa yang masih kurang.References
Pendidikan Karakter”, . dalam Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 12, No. 1., 50-51.
Al-Qattan, M. K. (2010). Study Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.
Corbin, A. S. (2009). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.
Hawi, A. (2014). Kompetensi Guru pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Heri., G. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.
L.Roopnarine, J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana.
Liekona, T. d. (2018). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara,.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Press.
Suharto, T. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Yogjakarta: Ar Ruzz Media.
Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Press.
Zaman, B. (2019). “Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia”. Al Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, Vol. 2, No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mulyeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.