PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAKWAH DI ERA DISRUPSI : TINJAUAN PERKEMBANGAN METODE DAKWAH ISLAM

Authors

  • Wahyuni Wahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam Ar Ridho Bagansiapiapi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21732

Keywords:

Metode Dakwah, Pengembangan, Manajemen, Komunikasi, Teknologi,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan dakwah melalui media sosial sebagai evolusi pendekatan dakwah Islam di era modern. Ini adalah penelitian kualitatif yang melibatkan pengumpulan data dari dokumen yang relevan seperti buku, majalah, dll. Jadi, jenis penelitian ini disebut penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia dan didukung oleh teknologi dalam sistem media, yang di satu sisi akan menjadi tantangan bagi dakwah umat Islam dan di sisi lain dapat menjadi pandangan. Setidaknya terdapat 5 (lima) jenis pengaruh terhadap perkembangan teknologi komunikasi, baik bagi pelaku dakwah maupun mitra dakwahnya, antara lain dampak ekonomi, dampak sosial, dampak pemrograman ulang, dampak hiburan, dan dampak partisipasi dalam kegiatan media. Dalam hal ini, dakwah harus berupaya memanfaatkan produk-produk teknologi secara maksimal. Bisa menggunakan internet dan email atau blog, Facebook, Twitter, email, WhatsApp, Messenger, BBM, Instagram, Line, dll. dimana fasilitas tersebut memungkinkan Dakwah melalui sesi interaktif langsung yang terdiri dari menjawab pertanyaan, berdiskusi, mengirim pesan, antarmuka dan komunikasi langsung. Dengan kata lain, para dakwah (dai) harus mampu mengelola dan setidaknya menyediakan software untuk acara televisi misalnya, atau film dan serial televisi, agar kemasan dakwah Islam menjadi lebih hangat, kekinian, lebih nikmat, lebih menarik. efisien dan lebih efektif. efektif.

References

Abdullah, M. Q. (2020). Strategi Dakwah Plural Dalam Merawat Pluralitas Di Kalangan Remaja. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 19(2), 177–198. Https://Doi.Org/10.15575/Anida.V19i2.7589

Abdullah, N., Halim, L., & Zakaria, E. (2014). Vstops: A Thinking Strategy And Visual Representation Approach In Mathematical Word Problem Solving Toward Enhancing Stem Literacy. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 10(3), 165–174. Https://Doi.Org/10.12973/Eurasia.2014.1073a

Agustinova, D. E. (2013). Latar Belakang Dan Masa Depan Libya Pasca Arab Spring. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 120–128.

Ahmad Zaini. (2014). Media Teknologi Informasi Modern Sebagai Wasilah Dakwah. At-Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(Nomor 1), 57–72.

Aisyah S. (2021). Pengaruh Budaya Korean Popular Di Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Islam Remaja Kota Tangerang Selatan. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/55587%0ahttps://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Bitstream/123456789/55587/1/Siti Aisyah-Fdk.Pdf

Alhidayatillah, N. (2017). Dakwah Dinamis Di Era Modern. Jurnal Pemikiran Islam, 41(2), 265–276.

Astuti, H. J. P. (2018). Islam Nusantara: Sebuah Argumentasi Beragama Dalam Bingkai Kultural. Inject (Interdisciplinary Journal Of Communication), 2(1), 27. Https://Doi.Org/10.18326/Inject.V2i1.27-52

Azzahari, M. R. (2019). Strategi Unit Dakwah Jabatan Hal Ehwal Agama Islam Negeri Sabah (Jheains) Dalam Menyebarkan Dakwah Pada Non-Muslim Di Negeri Sabah. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 2(2), 43. Https://Doi.Org/10.22373/Al-Idarah.V2i2.4424

Baidowi, A., & Salehudin, M. (2021). Strategi Dakwah Di Era New Normal. Muttaqien; Indonesian Journal Of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 58–74. Https://Doi.Org/10.52593/Mtq.02.1.04

Efendi, E. (2021). Strategi Media Dakwah Kontemporer. Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah Dan Manajemen, 9(2), 22. Https://Doi.Org/10.37064/Ai.V9i2.10624

Estuningtyas, R. D. (2021). Strategi Komunikasi Dan Dakwah Pada Kalangan Milenial Di Era Modernisasi. Muttaqien; Indonesian Journal Of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 75–86. Https://Doi.Org/10.52593/Mtq.02.1.05

Fitriana, S. (2019). Transformasi Pendidikan Tinggi Di Era Disrupsi (Dampak Dan Konsekuensi Inovasi). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana …, 811–817. Https://Proceeding.Unnes.Ac.Id/Index.Php/Snpasca/Article/View/375

H Kara, O. A. M. A. (2014). Dakwah Dan Perubahan Sosial: Studi Terhadap Peran Manusia Sebagai Khalifah Di Muka Bumi Abubakar. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 7(2), 107–115.

Habibi, M. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Pada Era Milenial. Al-Hikmah, 12(1), 101–116. Https://Doi.Org/10.24260/Al-Hikmah.V12i1.1085

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-Wecksler, E. T. (N.D.). No ????????????????????? ?????????????????title. 9(2), 344–363.

Hidayat, Amir Husin, Syukri, Rieska Tri Adilla, E. (2022). Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam Di Era Disrupsi. 11, 267–281.

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. Syafitri. (N.D.). Pola Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam. 4(3), 1162–1168.

Khairul Amin, Imam Subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). Kemampuan Sumber Dayamanusia Dalammeningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islamdi Era Disrupsi 1khairul. 11, 204–226.

Lestari, P. P. (2020). Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah, 21(1), 41–58. Https://Doi.Org/10.14421/Jd.2112020.1

Lukman, S., Abidin, Y. Z., & Shodiqin, A. (2020). Peranan Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 65–84. Https://Doi.Org/10.15575/Tabligh.V4i1.802

Luthfiah, H. T., Effendy, E., & Kurniawan, A. (2023). Sejarah Perkembangan Televisi Dan Perannya Sebagai Media Dakwah Islam. Da’watuna: Journal Of Communication And Islamic Broadcasting, 3(2), 721–731. Https://Doi.Org/10.47467/Dawatuna.V3i2.2772

Maharani, C., Mugni Nubagja, H., Natalie Theofilus, K., & Natasya, R. (2022). Quotes Of The Day: Implementasi Model Dakwah Islam Melalui Sosial Media Di Era Digital. Journal Scientific Of Mandalika (Jsm) E-Issn 2745-5955 | P-Issn 2809-0543, 3(5), 367–374. Https://Doi.Org/10.36312/10.36312/Vol3iss5pp367-374

Rachman, F., & Maimun, A. (2016). Madrasah Diniyah Takmiliyah (Mdt) Sebagai Pusat Pengetahuan Agama Masyarakat Pedesaan (Studi Tentang Peran Mdt Di Desa Gapura Timur Gapura Sumenep). ’Anil Islam, 9(1), 55–94.

Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikanpancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal Of Civics And Moral Studies, 5(Vol. 7 No. 1 (2022)), 59–72.

Retno, R. (2020). Tradisi Ritual Memindahkan Hujan Dalam Perspektif Islam ( Studi Kasus Desa Purwodadi Simpang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan ). 1–79.

Riadi, H. (2014). Kesalehan Sosial Sebagai Parameter Kesalehan Keberislaman. Jurnal An Nida Pemikiran Islam, 39(1), 1. Http://Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/Index.Php/Anida/Article/View/864

Sadly, E. (2018). Manajemen Dakwah Media Sosial: Telaah Terhadap Perkembangan Metode Dakwah Islam. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (Jrmb), 3(2), 44.

Saputra, A. (2017). Media Dakwah Dan Tantangannya Di Era Globalisasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 29–39. Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/5302/2/Akmal Saputra.Pdf

Saputra, I., Ritonga, F. A., Sikumbang, A. T., & Zainun, Z. (2020). Membentuk Kepribadian Islam Melalui Strategi Komunikasi Lembaga Dakwah Kampus (Ldk) Di Stmik Budi Darma Medan. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 125–138. Https://Doi.Org/10.24090/Komunika.V14i1.3644

Sinambela, F. R., & Mutiawati. (2022). Implementasi Dakwah Bil-Lisan Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Masyarakat. El Madani?: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 3(02), 207–215. Https://Doi.Org/10.53678/Elmadani.V3i02.910

Sumadi, E. (2016). Dakwah Dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 173–190. Http://Journal.Stainkudus.Ac.Id/Index.Php/Komunikasi/Article/Viewfile/2912/2083

Suryani, R. (2017). Fungsi Whatsapp Grup Shalihah Cabang Bandar Lampung Sebagai Pengembangan Media Dakwah Dalam Membentuk Akhlakul Karimah. 23–24. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/779/

Syahputra, A., Sukmawati, E., & Syafitri, R. (2023). Dampak Buruk Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja Usia Sekolah ( Dalam Perspektif Pendidikan Islam ). 4(3), 1265–1271.

Therapy, C., Gordon, V., Meditation, C., Vanrullen, R., Myers, N. E., Stokes, M. G., Nobre, A. C., Helfrich, R. F., Fiebelkorn, I. C., Szczepanski, S. M., Lin, J. J., Parvizi, J., Knight, R. T., Kastner, S., Wyart, V., Myers, N. E., Summerfield, C., Wan-Ye-He, L. I., Yue-De, C. H. U., … No, S. (2018). No Title?????. ??????, ? ????(?? ??????), ????????. Http://Search.Ebscohost.Com/Login.Aspx?Direct=True&Db=Sph&An=119374333&Site=Ehost-Live&Scope=Site%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Neuron.2018.07.032%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Tics.2017.03.010%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Neuron.2018.08.006

Widayanti, Y. (2014). Pengembangan Karier Pustakawan Melalui Jabatan Fungsional. Librarian, Vol.2(No.2), 137–149. Http://Journal.Stainkudus.Ac.Id/Index.Php/Libraria/Article/View/1196/1087

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). Pendidikan Karakter Generasi Mukmin Berbasis Integrasi Al Qur’an Dan Sunnah Di Sdit Al Hasan Tapung - Kampar. 12(1), 196–209.

Wismanto 2023, Model Pembelajaran Longitudnal Repository Uin Suska. (N.D.).

Yelvita, F. S. (2022). No Title??? ??? ????? ?? ?? ????? ???? ??????. ????, 8.5.2017, 2003–2005.

Zakariya, N. (2018). Media Sebagai Wasilah Dakwah. Al-Hikmah Jilid, 5, 93–99.

Zulela. (2020). Transformasi Pendidikan Dasar Di Era Disrupsi Dalam Pengembangan Karakter. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–14. Http://Www.Stkippgribl.Ac.Id/Proceeding/Index.Php/Semnas/Article/View/42

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Wahyuni, W. (2023). PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAKWAH DI ERA DISRUPSI : TINJAUAN PERKEMBANGAN METODE DAKWAH ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2292–2301. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21732

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)