PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD NEGERI 1 CIDAHU

Authors

  • Mila Karmila Universitas Terbuka
  • Hendro T.G Samosir Universitas Terbuka Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21646

Keywords:

Problem Solving, Kemampuan Siswa, Siklus Makhluk Hidup.

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian untuk mengetahui penerapan contoh pembelajaran berbasis masalah untuk menaikkan kemampuan siswa kelas IV SD Cidahu 1 dalam mempelajari IPA yang berkaitan dengan makhluk hidup. Metode yang dipakai adalah peneilitian tindakan kelas. kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan tahapaan 2 siklus. Setiap siklusnya ada empat fase: merencanakan, bertindak, mengamati, serta merefleksikan. subjek yang dijadikan objek penelitian berjumlah 34 peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cidahu 1. Penelitian dilaksanakan disemester I tahun ajaran 2023/2024. Setiap siklusnya yang dilaksanakan tiga kali pertemuan. Data yang diperoleh bersifat kuantitatif dan kualitatif hasilnya diperoleh melalui tes formatif pada setiap siklusnya merupakan kuantitatif, sedangkan pelaskanaan observasi pengajar selama kegiatan pembejaran setiap siklusnya menggunakan kualitatif. Data yang diperoleh akan ditinjau berdasarkan standar integritas minimal untuk mengetahui yang akan terjadi belajar peserta didik. hasil kegiatan prasiklus diperoleh 15 siswa (44%) yang nilainya melebihi KKM, lalu pada siklus ke I jumlah peserta didik 26 siswa (76%), dan pada siklus II jumlahnya adalah 33 siswa (97%). Tingkat keberhasilannya sebesar 80%. pelaksanaan siklus II berhasil karena indikator keberhasilan terpenuhi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan memakai contoh problem solving dapat menaikkan hasil belajar siswa melalui pelajaran IPA di kelas IV.

References

Devi, I., Fakhriyah, F., & Roysa, M. (2020). Implementasi Model Problem Solving Berbantuan Media Komik Tematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kreatif Jurnal Pendidikan Dasar. 11(1), 9-16.

Hidayat, S., Ujang. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia.

Maryam, B., Gainau. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT.Kanisius. Miwardi. (2016). Komparasi Model Pembelajarandiscovery Learning Danproblem

Solvingditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 3 SD Di Gugus Diponegoro -Tengarang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 6(1), 127-142.

Octavia, A., Shilphy. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Purwanti, Ratna. (2019). Implementasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually (Savi) Dan Course Review Horray (Crh) Untuk Meningkatkan Aktifitas Siswa Kelas Va Di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM. 5(1), 127-138.

Rifa’i, Muh, Husyain, dkk. (2022). Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, dan Motivatif. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Samosir, Hendro. (2016). Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Balok Pada Pianika Siswa Kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda. Jurnal Sendratasik Fakultas Bahasa Dan Seni Unversitas Negeri Medan

Sarah, Lufri, & Sumarmin, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan. 2(1).

Setiwan, M., Andi. (2017). Belajar dan pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Wedyawati, Nelly, & Lisa, Yasinta. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Widya, F., W., Manuahe C., & Raturandang, O., J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving(CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sains Pendidikan Biologi. 2(2), 144-152.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Karmila, M. ., & Samosir, H. T. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD NEGERI 1 CIDAHU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4359–4366. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21646