MEMANFAATKAN DUA METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BESAR

Authors

  • Hasbi Asyhari Universitas Negeri Makassar
  • Nurliani Nurliani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21619

Keywords:

The Power Of Two, Keterampilan Dasar

Abstract

Siswa kelas VII B SMP NEGERI 2 SINJAI akan menggunakan metode pembelajaran Power of Two untuk meningkatkan keterampilan dasar melempar dan menangkap bola dalam permainan bola besar. Survei Kegiatan Kelas (PTK) dilaksanakan oleh SMP NEGERI 2 SINJAI dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. SMP NEGERI 2 Masalah rendahnya penguasaan keterampilan dasar melempar dan menangkap bola dalam permainan bola besar pada siswa kelas VII B SINJAI. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode  pembelajaran “kekuatan dua”. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode pembelajaran “Kekuatan Dua” pada siswa kelas VII B SMP NEGERI 2 SINJAI untuk mengembangkan keterampilan dasar cara melempar dan menangkap bola dalam permainan bola besar. Berdasarkan hasil studi perilaku kelas yang dilakukan pada siswa Kelas VII B SMP NEGERI 2 SINJAI, penggunaan metode pembelajaran dua gaya terbukti dapat meningkatkan dasar-dasar cara melempar dan menangkap bola pada bola besar. permainan Ini memiliki efek positif pada peningkatan keterampilan teknis. Hal ini dapat dibuktikan dengan terlebih dahulu mengamati kinerja siswa. 39,29 hingga 64,29 untuk Klasik Siklus I, 82,14 untuk Siklus II, dan  100% untuk Siklus III. Dapat disimpulkan bahwa kekuatan kedua metode pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan dasar melempar dan menangkap bola dalam permainan bola besar siswa kelas VII B SMP NEGERI 2 SINJAI, maka hipotesis behavioralnya adalah : Dengan menerapkan metode pembelajaran Two of Two, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda. Dasar-dasar cara melempar dan menangkap bola dalam permainan bola besar siswa kelas VII B SMP NEGERI 2 SINJAI tahun ajaran 2022/2023 dapat diterima.

References

Ahmadi, Abu Dan Widodo Supriyanto. (2018) Psikoligi Belajar. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Anggota IKAPI. (2011) Pengelolaan Kelasyang Dinamis, Cet.5. Yogyakarta: KANISIUS.

Arifin, Zainal. (2011) Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Isjoni. (2011) Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Pustaka Pelajar.

Purba, S., Ahadid, A., Putra, W., Rahman, A. A., Aryani, P., Jannah, F., Widodo, H., Magalhaes, A. D. J., & Hasanuddin, M. I. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Aplikasinya.

Purwanto, Ngalim. (2014) Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rahmadani, E., Mashuri, M. T., Sitopu, J. W., Hasanuddin, M. I., Suarsana, I. M., Asriadi, M., Putri, J. H., Maharani, I., Hasanuddin, M. I., Maswar, Elfina, H., & Irwanto. (2023). Statistika Pendidikan. Https://Batukota.Bps.Go.Id/Publication/Download.Html?Nrbvfeve=

Sardiman. (1988) Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru, Cet. 2. Jakarta: Rajawali.

Syaefudin, Udin Sa’ud. (2012) Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran Di Abad Global. Malang: UIN Maliki Press.

Taufik, Imam. (2015) Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2011) Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Bandung: Prestasi Pustaka Cet. Kelima.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Asyhari, H. ., & Nurliani, N. (2023). MEMANFAATKAN DUA METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BESAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2154–2157. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21619

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.