PERANAN OPERASIONAL DALAM MELAYANI KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL ASING OLEH PT. ZENIT MARITIM INDONESIA DUMAI

Authors

  • Samsu Rizal Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Dafid Ginting Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34346

Keywords:

Peranan, Operasional, Kedatangan, Keberangkatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan operasional dalam melayani kedatangan dan keberangkatan kapal asing oleh PT. Zenit Maritim Indonesia Dumai. Dalam penulisan penelitian ini penulis menggunakan metodologi. Selama melaksanakan praktek darat penulis mengumpulkan bahan – bahan dalam metode pengamatan lapangan (field research) dan metode pustaka (library research) dari Perpustakaan Politeknik Adiguna Maritim Indonesia (POLTEK AMI) Medan, article, jurnal yang ada kaitannya dengan judul serta media lainnya yang mendukung. Dalam pelaksanaan pelayanan kapal, PT. Zenit Maritim Indonesia Dumai menugaskan seorang petugas operasional untuk naik keatas kapal, Petugas operasional meminta informasi informasi yang diperlukan kepada kapal, petugas operasional juga akan melakukan pelayanan/pengurusan sebelum kapal tiba hingga kapal tersebut berangkat dari pelabuhan tersebut, dan melayani permintaan kapal lainnnya seperti supply fresh water maupun supply bunker. Hasil yang diperoleh dalam penilitian ini adalah peranan operasional dalam melayani kedatangan dan keberangkatan kapal asing pada umumnya telah berjalan dengan baik dan lancar, akan tetapi terkadang terdapat kendala seperti kurangnya komunikasi antar petugas operasional dengan pihak instansi terkait di pelabuhan, namun petugas operasional bisa menanggulangi kendala tersebut dengan baik.

References

Baharuddin, Pengantar Sosiologi. Mataram : Sanabil, 2021

Darmaputra dan Setyadie. Efektivitas Operasional Penanganan Kapal Di Pelabuhan Panjang Kota Bandar Lampung Oleh Pt. Mario Samudera Jaya. Journal Of Maritime and Interdisciplinary Studies 3, no 1, 2021: 135

Esti Royani., Dody., dkk Hukum Kepelabuhan. Purwokerto : Amerta Media 2022

Ginting, D., Sahid, M., Ridho, S., & Perangin-Angin, R. R. B. (2023). PERANAN KEAGENAN TERHADAP AKTIVITAS KAPAL BERBENDERA INDONESIA YANG BEROPERASI SECARA INTERNASIONAL PADA PT. PENGUIN FERRY JASA INTERNASIONAL. Journal of Maritime and Education (JME), 5(1), 475-479.

Girsang, H., & Ginting, D. (2023). Peranan Divisi Operasional dalam Kegiatan Ekspor Impor pada Pt. Prima Indonesia Logistik Belawan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9533-9551.

Gultom, N. A., & Ginting, D. (2024). Peranan Jasa Keagenan Untuk Menunjang Pelayanan Kapal Pada Perusahaan PT. Lintas Nusantara Pasifik Batam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 8585-8595.

Ibrahim, Akhamdrandy. Analisis Implementasi Manajamen Kualitas dari Kinerja Operasional Pada Industri Ekstraktif di Sulawesi Utara. Jurnal EMBA 4, no 2, 2016 : 859-869

Kalangi, E.H Meyti. Administrasi Pelayaran Niaga. Surabaya : Scopindo, 2021

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Lasse. Manajamen Kepelabuhanan. Jakarta : Raja Grafindo Persada 2014

Masrizal., dan Alfarezi M, Manajemen Karantina Pelabuhan. Purbalingga : Eureka Media Aksara, 2022

Nugroho., dan Soedjono Pengetahuan Kepelabuhan. Surabaya : Scopindo 2021.

Pedoman Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan, Medan : Poltek AMI, 2023

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No : PM 65 Tahun 2019 tentang, Penyelenggaraan dan Pengusahaan Keagenan

Peraturan Menteri No : 36 Tahun 2012, Tentang Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan

Peraturan Menteri Perhubungan No : 21 Tahun 2007, tentang Prosedur dan Sistem Pelayanan Kapal, Barang Ataupun Penumpang.

Sianipar, M. J., & Ginting, D. (2024). Pelayanan Jasa Keagenan Kapal dan Hambatannya Pada PT. Tarunacipta Kencana Cabang Dumai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11711-11721.

Simajuntak, D. J., & Ginting, D. (2024). Upaya Meningkatkan Pelayanan Keagenan Pada PT. Samudra Shipping Agency Dumai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1103-1113.

Situmorang, L.H dan Yusnida. Pelayanan Jasa Keagenan Dalam Menangani Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Pada PT. Sea Asin Lines Kuala Tanjung. Jurnal Buletin Utama Teknik 16, no. 2, 2021: 149

Undang - Undang No : 17 Tahun 2008, Tentang Pelayaran

Undang - Undang No : 17 Tahun 2006, Tentang Kepabeanan Bea dan Cukai

Undang - Undang No : 6 Tahun 2018, Tentang Karantina

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Rizal, S., & Ginting, D. . (2024). PERANAN OPERASIONAL DALAM MELAYANI KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL ASING OLEH PT. ZENIT MARITIM INDONESIA DUMAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13292–13297. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34346

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>