PERAN KEAGENAN DALAM KEGIATAN KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL PADA PT. NAVAL GLOBAL TRANS BELAWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34349Keywords:
Peran, Keagenan, Kedatangan, Keberangkatan, KapalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran PT. Naval Global Trans Belawan dalam menangani kegiatan kedatangan dan keberangkatan kapal di dermaga Belawan. Perannya dimulai dari perizinan kepada instansi yang terkait, persiapan dokumen serta mempersiapkan kade untuk penyadaran kapal di pelabuhan sebelum kapal masuk ke pelabuhan sampai kapal akan berangkat ke pelabuhan selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan (field research). Penulis melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pihak perusahaan dan riset kepustakaan (library research) dimana penulis mendapatkan materi atau bahan makalah dari buku–buku yang ada di perpustakaan POLTEK AMI Medan untuk mengetahui lebih dekat bagaimana PT. Naval Global Trans Belawan dalam melaksanakan kegiatan kedatangan dan keberangkatan kapal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Peran keagenan dalam kegiatan kedatangan dan keberangkatan kapal pada PT. Naval Global Trans Belawan sangat penting dimulai dari sebelum kapal tiba, yang mana aktivitas mencakup clearance in, clearance out serta menyelesaikan segala administrasi biaya jasa dari mulai kedatangan sampai keberangkatan kapal hingga kapal meninggalkan Pelabuhan. Semua aktivitas tersebut dilakukan oleh PT. Naval Global Trans Belawan sebagai pihak agen. Walaupun dalam kegiatannya menghadapi beberapa hambatan tetapi PT. Naval Global Trans Belawan dapat menanggulanginya dengan baik.References
Amin dan Siahaan. Dokumen Bisnis Sosial yang Efektif Dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Of Communicating and Islamic Broadcasting 1(2), 2021 : 1-9
Andy, Tama. Shipping Order, Arahin, 2023 (https://arahin.id/hub/post/shipping-order)
Buku Pedoman Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan, Medan : Poltek AMI, 2023
Baharuddin, Pengantar Sosiologi. Mataram : Sanabil, 2021
Dandona, Bhumika. Mate Receipt, Hukum Kelautan, 2021, (https://blog.ipleaders.in/mate- receipt-v-bill-lading-practice/)
Ginting, D., Sahid, M., Ridho, S., dkk. PERANAN KEAGENAN TERHADAP AKTIVITAS KAPAL BERBENDERA INDONESIA YANG BEROPERASI SECARA INTERNASIONAL PADA PT. PENGUIN FERRY JASA INTERNASIONAL. Journal of Maritime and Education (JME), 5(1), 2023 : 475-479.
Ginting, D., & Ginting, D. G. Perananan Keagenan Kapal Dalam Melayani Pengisian Air Bersih Untuk Kebutuhan Km. Amrta Vii Pada Pt. Gesuri Lioyd Cabang Kuala Tanjung. Journal of Maritime and Education (JME), 3(2), 2021 : 245-249.
Ginting, D., & Sembiring, M. J. R. Pengaruh Waktu Pengerjaan Warta Kedatangan Kapal Pada Sistem Online Inaportnet Terhadap Jumlah Kedatangan Kapal Di PT. Ekawira Swadaya Abadi Belawan. Journal of Maritime and Education (JME), 2(2), 2020 : 108-111.
Gunawan, Herry, Pengantar Transportasi Dan Logistik. Depok : Raja Grafindo, 2015
Kosasih Engkos, dan Soewedo Hananto. Manajemen Perusahaan Pelayaran. Jakarta : Raja Grafindo, 2018
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Kalangi, E.H Meyti. Administrasi Pelayaran Niaga. Surabaya : Scopindo, 2021
Kesuma, N., Sutria, Y, dkk. PERANAN AGEN DALAM PENGURUSAN IZIN MASUK KAPAL ASING DI KANTOR BADAN PENGELOLA PELABUHAN BATAM (BPPB) PADA PT. ADHIGANA PRATAMA MULYA BATAM. Journal Of Maritime Education (JME), 3(2), 2021 : 250-256
Masrizal., dan Alfarezi M, Manajemen Karantina Pelabuhan. Purbalingga : Eureka Media Aksara, 2022
Putri, L, Talita. Pengertian Manifest, Detik Finance, 2023 (https://finance.detik.com/pengertian-manifest)
Peraturan Menteri Perhubungan No : 8 tahun 2022, Tentang Tata Cara Pelayanan kapal melalui Inaportnet
Peraturan Menteri Perhubungan No : 11 tahun 2016, Tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan
Peraturan Menteri No : 34 tahun 2012 pasal 3, Tentang Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan
Pasal 506 KUHD Tentang Konosemen
Salim, Abbas. Manajemen Transportasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2016
Sianipar, M. J., & Ginting, D. Pelayanan Jasa Keagenan Kapal dan Hambatannya Pada PT. Tarunacipta Kencana Cabang Dumai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2024 : 11711-11721.
Simajuntak, D. J., & Ginting, D. Upaya Meningkatkan Pelayanan Keagenan Pada PT. Samudra Shipping Agency Dumai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2024 : 1103-1113.
Situmorang, L.H dan Yusnida. Pelayanan Jasa Keagenan Dalam Menangani Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Pada PT. Sea Asin Lines Kuala Tanjung. Jurnal Buletin Utama Teknik, 16(2), 2021 : 147-151
Sutria, Y., Dirhamsyah, dkk. J. Peranan Bagian Operasional Dalam Mengurus Izin Olah Gerak Kapal Di Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Pada PT. Naval Global Trans Cabang Belawan. Journal of Maritime and Education (JME), 4(2), 2022 : 386-393
Septiyani, D, Yursal., dkk. Proses Penanganan Kedatangan Kapal Dengan Sistem Inaportnet di PT. Salam Pasific Indonesia Lines Cabang Belawan. Journal Of Maritime Education (JME), 6(1), 2024 : 627-634
Undang – Undang No : 17 Tahun 2008, Tentang Pelayaran
Yursal, Sahid, M., dkk. Aktifitas Keagenan Dalam Menangani Kebutuhan Kapal Pada PT. Gesuri Lioyd Cabang Kuala Tanjung. Journal Of Maritime Education (JME), 3(2), 2021 : 264-271
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Neshandry Oktavia Naib, Dafid Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.