MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI MELALUI GERAKAN AYO MEMBACA BUKU DI PERPUSTAKAAN

Authors

  • Ariani Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dewi Kusumaningsi Universitas Vetran Bangun Nusantara
  • Hafiz Gunawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sakroni Sakroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21459

Keywords:

Literasi, Literasi Baca Dan Tulis, Gerakan Literasi Nasional, Membaca Buku, Perpustakaan

Abstract

Peningkatan budaya  literasi dapat dimulai dari sekolah melalui buku-buku yang ada diperpustakan sekolah. Untuk mendukung peningkatan literasi ini sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang lengkap diperpustakaan seperti berbagai macam buku pelajaran, dan buku cerita. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Cara meningkatkan kesadaran literasi pada anak. 2) minat siswa untuk membaca . 3.) budaya literasi harus dikembangkan pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 agustus 2023. Sumber dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa SMPN 21 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan  data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah 1). Untuk menumbuhkan budaya literasi melalui gerakan ayo membaca sekolah melakukan kegiatan literasi setiap paginya selama 15 menit sebelum memulai kegiatan belajar mengajar disekolah serta membuat jadwal setiap kelas untuk berkunjung keperpustakaan. 2). Minat siswa untuk memebaca keperpustakaan masih perlu ditingkatakan dengan cara menciptakan perpustakakan yang menarik, menaawarkan pilahan buku yang tepat, memanfatkan koneksi alumni untuk memfasilitasi membaca dan menciptakan suasana bersahabat 3). Budaya literasi anak sangatlah penting karena mempunyai dampak yang luas terhadap kehidupan seseorang.

References

Tilahun, A., Simegn, B., & Teka, M. (2022). Investigating effects of integrated reading and writing skills instruction on enhancing students’ critical thinking skills in EFL classroom. Theory and Practice of Second Language Acquisition, 8(1), 105–127. https://doi.org/10.31261/TAPSLA.10111

Castillo-Cuesta, L. (2022). Using genially games for enhancing EFL reading and writing skills in online education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(1), 340–354. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.1.19

Saeedian, A. (2022). Classroom discourse: the skills and systems mode in the persian reading and writing literacy development course. Language Related Research, 13(5), 253–280. https://doi.org/10.52547/LRR.13.5.9

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala literasi baca tulis sebagai implementasi gerakan literasi nasional di sma negeri 1 pangkalan bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi baca tulis pada kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Widiyarto, S., Cleopatra, M., Sahrazad, S., Ati, A. P., Sandiar, L., & Widiarto, T. (2021). Penyuluhan literasi baca tulis pada siswa SMA. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 122–126. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi literasi baca tulis dan sains di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di sdn sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Mastuti, Y. (2022). The gait of the forum lingkar pena (Flp) in realizing reading and writing literacy in the south Sumatra region. JLER (Journal of Language Education Research), 5(1), 35. https://doi.org/10.22460/jler.v5i1.9957

Novita, S., Rafli, Z., & Sumantri, M. S. (2021). Literature reading and writing proficiency in class II elementary school students through online learning. International Journal of Scientific Research and Management, 9(08), 1845–1851. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v9i08.el01

Yelvita, F. S. (2022). Indonesian junior high school students’ intrest in reading books. ????, 3(8.5.2017), 2003–2005.

Dafit, Dea, & Ningrum. (2020). Pengaruh program pojok literasi terhadap minat baca mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130.

Girsang, M., Meidar Lafau, R., Wati Sihombing, R., Mutiara Br Sinaga, R., & Angelina Br Hutahayan, H. (2023). Steps in introducing reading books to children. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(3), 89–96. https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i3.15

H, N., Aris, M., Arismunandar, A., Sujarwo, S., & Sukmawati, S. (2022). Development of local content teaching material for the history of wajo. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 264–270. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.82

Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis minat baca siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21–27. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648

Rani, L. N., Wiransyah, D., & Hendri, H. (2022). Sistem perpustakaan buku digital berbasis website dan aplikasi telegram menggunakan QR code. Jurnal KomtekInfo, 9, 61–67. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v9i2.269

Pratiwi, V. U., & Suwandi, S. (2021). Local wisdom in the picture storybook for elementary school students in sukoharjo regency. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 1262–1271. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1751

Satriana, M., Heriansyah, M., & Maghfirah, F. (2022). The use of shared reading books in Indonesian early childhood. Education 3-13, 50(6), 777–788. https://doi.org/10.1080/03004279.2021.1912134

Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran orang tua dalam menyediakan home literacy environment (hle) pada anak usia dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706

Swanberg, S. M., Bulgarelli, N., Jayakumar, M., Look, E., Shubitowski, T. B., Wedemeyer, R., Yuen, E. W., & Lucia, V. C. (2022). A health education outreach partnership between an academic medical library and public library: lessons learned before and during a pandemic. Journal of the Medical Library Association, 110(2), 212–221. https://doi.org/10.5195/jmla.2022.1413

Atuase, D., & Maluleka, J. (2023). Marketing of library resources and its impact on the library usage of distance-learning students. Digital Library Perspectives, 39(1), 111–123. https://doi.org/10.1108/DLP-03-2022-0025

Ashiq, M., Rehman, S. U., & Mujtaba, G. (2021). Future challenges and emerging role of academic libraries in Pakistan: A phenomenology approach. Information Development, 37(1), 158–173. https://doi.org/10.1177/0266666919897410

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Abstrak. Anuva, 4(2), 271–286.

Nurseptaji, A. (2021). Implementasi metode waterfall pada perancangan sistem informasi perpustakaan. Jurnal Dialektika Informatika (Detika), 1(2), 49–57. https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.6101

Rahmanto, Y., Alita, D., Putra, A. D., Permata, P., & Suaidah, S. (2022). Penerapan sistem informasi perpustakaan berbasis web pada smk nurul huda pringsewu. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 151. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2009

Sofyan, A., & Ansar, A. (2022). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 3(1), 10. https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.19530

Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan peran perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1610–1617. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2363

Tella, A., & Ajani, Y. A. (2022). Robots and public libraries. Library Hi Tech News, 39(7), 15–18. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2022-0072

Suwarto, D. H., Setiawan, B., & Machmiyah, S. (2022). Developing Digital Literacy Practices in Yogyakarta Elementary Schools. Electronic Journal of E-Learning, 20(2), 101–111. https://doi.org/10.34190/ejel.20.2.2602

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nikou, S., De Reuver, M., & Mahboob Kanafi, M. (2022). Workplace literacy skills—how information and digital literacy affect adoption of digital technology. Journal of Documentation, 78(7), 371–391. https://doi.org/10.1108/JD-12-2021-0241

Ali, A., Raza, A. A., & Qazi, I. A. (2023). Validated digital literacy measures for populations with low levels of internet experiences. Development Engineering, 8(June 2022), 100107. https://doi.org/10.1016/j.deveng.2023.100107

Reddy, P., Chaudhary, K., & Hussein, S. (2023). A digital literacy model to narrow the digital literacy skills gap. Heliyon, 9(4), e14878. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14878

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan literasi digital peserta didik madrasah ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2024). Jurnal pendidikan transformatif ( jupetra ) implementasi kurikulum merdeka melalui literasi proyek penguatan profil pelajar pancasila jurnal pendidikan transformatif ( jupetra ). 02(01), 84–90.

Su, J., Ng, D. T. K., & Chu, S. K. W. (2023). Artificial Intelligence (AI) literacy in early childhood education: the challenges and opportunities. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4(January), 100124. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100124

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Kinerja kewirausahaan: literasi ekonomi, literasi digital dan peran mediasi inovasi. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 745–762. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1288

Tyas, D. M., Subyantoro, S., & Haryadi, H. (2023). Readability of reading books supporting the national literacy movement for high school students. 10(3), 290–298.

Wulandari. F.A. (2020). Relevance of national literacy movement, school literacy movement with wtrengthening character education on mi subject matter. AIUA Journal of Islamic Education, 2(1), 93-104., II(23), 1–77.

Hidayah, L., Widodo, G., & Sueb. (2019). Revitalitas partisipasi masyarakat dalam gerakan studi nasional. Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 87–98.

Kastro, A. (2020). Peranan perpustakaan sekolah sebagai sarana pendukung gerakan literasi sekolah di sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1), 93. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40887

Wahyu, A., Wijaya, A., Rosita, S., Fenny, I., & Santo, S. (2020). The roles of parents and community in supporting children ’ s literacy development. 454(Ecep 2019), 27–31.

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala literasi baca tulis sebagai implementasi gerakan literasi nasional di sma negeri 1 pangkalan bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Ariani, A., Rustinar, E. ., Kusumaningsi, D. ., Gunawan, H. ., & Sakroni, S. (2023). MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI MELALUI GERAKAN AYO MEMBACA BUKU DI PERPUSTAKAAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1863–1871. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21459