MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Authors

  • Nova Poojadixsa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dewi Kusumaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara,
  • Hafiz Gunawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Man Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21466

Keywords:

Literasi Baca Tulis, Keterampilan Menulis, Surat Lamaran Pekerjaan

Abstract

Menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan keharusan setiap pelamar. Lamaran pekerjaan yang penulisannya tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar memungkinan terjadi ambiguitas dalam pemaknaannya. Oleh karena itu perlu diketahui kemampuan siswa dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini merupakan hasil penulisan surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII. Sampel penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini mengambil 50% dari populasi. Dari perhitungan untuk XII IPA 1 yang berjumlah 34 orang diambil 50% yaitu 17 orang dan XII IPA 2 yang berjumlah 31 orang diambil 50% yaitu 16 orang. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan IPA SMA Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes tulis yag dikerjakan siswa. Tes yang dimaksud adalah tes menulis surat lamaran pekerjaan peneliti membagikan sebuah iklan lowongan pekerjaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata.Hasil penelitian terhadap siswa kelas XII Jurusan IPA SMA Negeri 1 Kota Bengkulu menunjukkan bahwa kemampuannya sangat baik dengan nilai rara- ratanya sebesar 89,63. Hal ini menunjukan bahwa para siswa sudah terampil membuat surat lamaran pekerjaan.

References

Amalia, F. N. (2023). Analisis kesalahan berbahasa dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 41–49. https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/ download/32/44.

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala literasi baca tulis sebagai implementasi gerakan literasi nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685.

Hayati, K., & Amilia, F. (2021). Optimalisasi keterampilan menulis pada guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30651/aks.v5i2.4271.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774.

Kibasp, J., & Bahasa, K. (2022). Model pembelajaran cooperative teams games tournament terhadap keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan. Jurnal KIBASP ( Kajian Bahasa,Sastra Dan Pengajaran), 6, 66–77.

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi literasi baca tulis dan sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707.

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi baca tulis pada kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133.

Najamudin, N., & Sukarismanti, S. (2020). Analisis kemampuan”menulis surat” lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII madrasah Aliya Imam Ufairah Diha, Kecamatan Belo Kabupaten Bima tahun pelajaran 2020/2021. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1528.

Nazir, R. A. R., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan menulis karangan narasi dengan media gambar pada siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 966–972. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2998.

Nurwahidah, L. S., Damayanti, D. A., Hamdani, A., Hasim, A., Razak, A., Indonesia, I. P., Lembaga, P., Pendidikan, R., Nurwahidah, L. S., Damayanti, D. A., Hamdani, A., Hasim, A., Razak, A., Menulis, K., Paralel, P. K., & Paralel, P. K. (2022). Keterampilan menulis teks eksposisi menurut perspektif kelas paralel. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11, 1298–1311..

Prakoso, A. R., Seriardana, P., & Adnyani, L. D. S. (2021). Implementasi genre based approach untuk meningkatkan keterampilan menulis explanation text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39206.

Prihatmini, E. (n.d.). Surat lamaran pekerjaan menggunakan model simulasi berbasis bursa kerja. 1–13.

Puspitasari, E. H., Rustono, & Bakti, H. (2014). Peningkatan keterampilan menulis kembali dengan bahasa sendiri melalui film dongeng pada peserta didik kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo Temanggung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi.

Rafida, H., Samsudi, S., & Doyin, M. (2022). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam mengembangkan literasi baca tulis siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4745–4755. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2884.

Seli, S., & Anggih, Z. (2021). Kemampuan menulis surat dinas dan surat lamaran pekerjaan berpandukan modul pada mahasiswa S-1 Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 288–300. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.37744.

Widiyarto, S., Cleopatra, M., Sahrazad, S., Ati, A. P., Sandiar, L., & Widiarto, T. (2021). Penyuluhan literasi baca tulis pada siswa SMA. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 122–126. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503.

Mastuti, Y. (2022). The gait of the forum lingkar pena (Flp) in realizing reading and writing literacy in the South Sumatra Region. JLER (Journal of Language Education Research), 5(1), 35–43. https://doi.org/10.22460/jler.v5i1.9957.

Julaiha, J., Suriansyah, A., & Asniwati, A. (2023). Learning Model of Reading and Writing Literacy During the Covid-19 Pandemic in Kindergarten. International Journal of Social Science and Human Research, 06(03), 1896–1904. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i3-66.

Alfulaila, N. (2022). The effect of reading & writing literacy awareness elementary education teachers on the reading and writing literacy ability of high-grade students. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 317–326. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i2.3330.

Novita, S., Rafli, Z., & Sumantri, M. S. (2021). Literature reading and writing proficiency in Ccass II elementary school students through online learning. International Journal of Scientific Research and Management, 9(08), 1845–1851. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v9i08.el01.

Sánchez-Morales, A., Durand-Rivera, J. A., & Martínez-González, C. L. (2020). Usability evaluation of a tangible user interface and serious game for identification of cognitive deficiencies in preschool children. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(6), 486–493. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2020.0110661.

Brevik, L. M. (2019). Explicit reading strategy instruction or daily use of strategies? Studying the teaching of reading comprehension through naturalistic classroom observation in English L2. In Reading and Writing (Vol. 32, Issue 9). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11145-019-09951-w.

Fathia Baresh, E. (2022). Developing libyan undergraduates’ writing skills through reflective journaling: a ritical literature review. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.33365/jeltl.v3i1.1835.

Rafika Purba, Ersika Puspita Dani, Khairunnisa, K. M. (2021). Improving students’ writing skill through instagram stories. Tenth Conference on English Studies, 9(4), 1–6.

Murtadho, F. (2021). Metacognitive and critical thinking practices in developing EFL students’ argumentative writing skills. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(3), 656–666. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i3.31752.

Wale, B. D., & Bogale, Y. N. (2021). Using inquiry-based writing instruction to develop students’ academic writing skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40862-020-00108-9.

Nazir, R. A. R., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan menulis karangan narasi dengan media gambar pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 966–972. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2998.

Ningrum, L., Sumaryoto, S., & Nurdin, N. (2021). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap keterampilan menulis cerita pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 160. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.5989.

Leisser, D., Bray, K., Hernández, A., & Nasr, D. (2022). Exploring the discursive construction of obedience: an analysis of application letters for the position of executioner in hitler’s germany. In International Journal for the Semiotics of Law (Vol. 35, Issue 2). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11196-020-09808-4.

Huda, M., & Gozali, G. (2020). Implementing of polytechnic students’ ability of writing application letters. Elite English and Literature Journal, 7(2), 160. https://doi.org/10.24252/10.24252/elite.v7i2a5.

Farnia, M., & Kabiri, N. (2020). Grammatical error analysis on students writing of application letter at 12th grade of vocational high school. Journal of English Education, 5(2), 5–9.

Octaviani, S. K., & Sari, A. (2021). Error analysis of college students’ english application letters at STMIK Sinar Nusantara. International Journal of English Linguistics, Literature, and Education (IJELLE), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.32585/ijelle.v3i1.1324.

Kibasp, J., & Bahasa, K. (2022). Model pembelajaran cooperative teams games tournament terhadap keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan. Jurnal KIBASP ( Kajian Bahasa,Sastra Dan Pengajaran), 6, 66–77.

Junaidi, E., & Zaim, M. (2022). Morphological errors found in Indonesian Students’ English compositions of application letter. Journal of English Language Teaching UNP JOURNAL, 11(1), 50–64. https://doi.org/10.24036/jelt.v11i1.109357.

Sanylita, E. P. wati. S. H. (2017). Kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan oleh siswa kelas XII SMK Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 06, 1–10.

Nariyah, A., Arifin, M., & Ariesta, R. (2021). Kemampuan menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13414.

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Poojadixsa, N. ., Rustinar, E. ., Kusumaningsih, D. ., Gunawan, H. ., & Hakim, M. . (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1904–1911. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21466