ANALYSIS OF MULTIPLE-CHOICE QUESTIONS IN ECONOMICS SUBJECT CLASS X SMAN I KETAPANG

Authors

  • Sunah Sunah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rufii Rufii Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21049

Keywords:

Analisis Butir Soal, Pilihan Ganda, Mata Pelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertanyaan-pertanyaan mengenai pemahaman siswa dalam pembelajaran Ekonomi di kelas X di SMAN I Ketapang. Soal-soal yang digunakan sebagai penilaian harus mempunyai kualitas objektif yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga soal dianalisis secara statistik yang meliputi (1) analisis validitas, (2) analisis reliabilitas, (3) analisis tingkat kesukaran, dan (4) analisis kelayakan. kekuatan pembeda dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang melibatkan 33 siswa di SMAN I Ketapang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui teknik dokumentasi. Analisis data butir soal dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh soal yang diujikan valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan sebagai alat evaluasi yang berkualitas. Hasil uji tingkat kesukaran menunjukkan soal berada pada tingkat mudah dengan presentasi 30%, soal berada pada kategori sedang dengan presentasi 70%. Sedangkan uji daya pembeda soal berada pada tingkat baik dengan penyajian 35%, dan soal berkategori cukup dengan penyajian 65%. Soal-soal yang disajikan dapat dianalisis dengan hasil yang valid dan reliabel serta dapat didistribusikan dengan baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa butir soal tersebut layak digunakan pada ujian tengah semester. Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya selalu menyiapkan soal cadangan untuk menggantikan soal yang berkategori kurang baik, dapat dilakukan revisi terhadap soal yang berkategori cukup baik agar dapat digunakan kembali, dan soal dengan kategori baik dapat ditambahkan ke bank soal.

References

Hanan, M. P., Jannah, R. R., & Alim, J. A. (2023). Analisis Butir Question Matematika Materi Kpk Dan Fpb Berbasis Cerita Di Sdn 111 Pekanbaru. Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia), 3(1). Https://Doi.Org/10.46229/Elia.V3i1.538

Hidayatunnisa’i, Kusrini, & Kusnawi. (2023). Perbandingan Kinerja Metode Naïve Bayes Dan Support Machine (Svm) Dalam Analisis Kualitas Butir Question Pilihan Ganda. Jurnal Fasilkom, 13(02). Https://Doi.Org/10.37859/Jf.V13i02.5087

Inawati, Arya, A., & Lasmiatun. (2022). Analisis Tingkat Kesulitan Butir Question Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Buatan Guru. Bastrando, Vol 1(No 2).

Ismiyati, I., Raharjo, T. H., Tusyanah, T., & Sholikah, M. (2023). Pelatihan Analisis Butir Question Berdasarkan Teori Tes Klasik Berbantuan Iteman Untuk Meningkatkan Kualitas Instrumen Penilaian. Japi (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(2). Https://Doi.Org/10.33366/Japi.V8i2.5064

Jumini, S., Madnasri, S., Cahyono, E., & Parmin, P. (2023). Analisis Kualitas Butir Question Pengukuran Literasi Sains Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.

Kusumayanti, A., & Jannah, N. (2022). Analisis Butir Question Ujian Masuk Mandiri Uin Alauddin Makassar Dengan Teori Tes Modern. Mapan?: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(1).

Marambaawang, D., Bano, V. O., & Hada Enda, R. R. (2023). Analisis Kualitas Butir Question Penilaian Akhir Semester Gasal Tahun 2021/2022 Menggunakan Iteman Di Smp Negeri 1 Kambera. Dharmas Education Journal (De_Journal), 4(1). Https://Doi.Org/10.56667/Dejournal.V4i1.961

Mira, K., Hayon, V. H. B., & Tinenti, Y. R. (2022). Analisis Butir Question Pilihan Ganda Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Lamba Leda Manggarai Timur. Wahana, 73(2). Https://Doi.Org/10.36456/Wahana.V73i2.4201

Nur Cahyo, A., Luriawati, D., & Wagiran, W. (2022). Analisis Butir Question Penilaian Keterampilan Kebahasaan Pada Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas Xi. Jbsi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(01). Https://Doi.Org/10.47709/Jbsi.V2i01.1493

Pradani, R. A., & Efendi, A. (2023). Analisis Butir Question Ujian Sekolah Menggunakan Program Iteman (Analysis Of School Exam Questions Using The Iteman Program). Indonesian Language Education And Literature, 8(2). Https://Doi.Org/10.24235/Ileal.V8i2.11002

Prawiki, S. M., & Helendra. (2022). Analisis Kualitas Butir Question Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma Negeri 1 Teluk Sebong. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(2).

Putri Andini, D., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Question Pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Di Smp It Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V6i2.658

Rahayu, W., Sulaeman, E., Arnawisuda Ningsi, B., Arofah, I., & Akbari, W. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Butir Question Berbasis Literasi Numerik. Perduli: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01). Https://Doi.Org/10.21009/Perduli.V4i01.30490

Riau, U. I., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Question Literasi Membaca Pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Siswa Smk. In Sastra Indonesia Dan Daerah (Vol. 13, Issue 2).

Rismaulhijjah, W., & Kuswanti, N. (2022). Analisis Butir Question Ulangan Harian Hasil Pengembangan Guru Materi Sistem Gerak Manusia Kelas Xi Ipa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(3). Https://Doi.Org/10.26740/Bioedu.V11n3.P643-661

Sari, R. P. (2022). Analisis Butir Question Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Kelas Xi Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(1). Https://Doi.Org/10.32696/Jp2mipa.V7i1.1360

Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., & Sumarwati. (2022). Kualitas Question Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 1 Pontianak: Analisis Butir Question Vina. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (25th Ed.). Alfabeta.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (Ed.); 1st Ed.). Alfabeta.

Verawati, Y., Siskawati, F. S., & Susilaningtyas, T. (2023). Analisis Butir Question Ujian Akhir Semester (Uas) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Kelas Vii Smp Islam At Tanwir Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01). Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V3i01.422

Downloads

Published

2023-11-12

How to Cite

Sunah, S., & Rufii, R. (2023). ANALYSIS OF MULTIPLE-CHOICE QUESTIONS IN ECONOMICS SUBJECT CLASS X SMAN I KETAPANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1489–1495. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21049