PENGARUH HUSTLE CULTURE TERHADAP MOTIVASI DAN PRODUKTIFITAS DALAM ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK 2022

Authors

  • Titi Stiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ima Maisaroh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21043

Keywords:

Hustle Culture, Motivasi, Produktivitas.

Abstract

Hustle Culture telah menjadi fenomena yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi di kalangan milenial yang memiliki antusiasme dan ambisi kerja yang begitu tinggi sehingga timbul pertanyaan tentang motivasi mereka dalam melakukan budaya hiruk pikuk. Selain itu, apakah hustle culture di tempat lingkungan kampus serta organisasi dapat menghasilkan produktivitas? Dalam penelitian ini yang membahas tentang hubungan antara hustle culture dengan motivasi kerja dan produktivitas, ternyata hasilnya cukup beragam. Hubungan antara hustle culture dengan motivasi kerja dan produktivitas tidak sepenuhnya negatif, ada juga dampak positifnya. Sehingga hustle culture tidak sepenuhnya buruk jika bisa diterapkan dengan baik. Hal ini juga dapat panduan apabila mengalami atau mengikuti situasi dan kondisi tertentu melakukan hustle culture pada pekerjaan, maka harus penuh pertimbangan, penentuan skala prioritas dan manajemen waktu, kegiatan, serta kehidupan sosial penting untuk diperhatikan dengan matang, jangan sampai diabaikan.

References

Edi Guharja, Oetit Koswara, S. Sosromarsono. 2011. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta : UGM PRESS.

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Triguno. 2004. Budaya Kerja : Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Ed, Jakarta : PT. Golden Trayon Press.

Julia, Lusiani. 2017. Jam Kerja Cuti dan Upah. Laporan Program Officer International Labour Organization (ILO) : Jakarta.

Oates, Wayne E. 1971. Confessions of a Workaholic: The Facts about Work Addiction. New York: World Pub.

Pujarama, Widya. 2021. “The Urge to Hustle: Narratives of Mediated Higher Degree Learning Interaction among University Students during Covid-19 Pandemic” Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 1, No. 1, July 2021.

Session, Hudson et al. 2018. “Do the Hustle! Empowerment from Side-hustles and Its Effects on Full-Time Work Performance”, Academy of Management Journal AMJ-2018- 0164.R3.

Triani. 2021. “Work-Life (Im)Balance: Memahami Hustle Culture Melalui Perspektif Ekonomi”.

Downloads

Published

2023-11-12

How to Cite

Stiawati, T. ., & Maisaroh, I. (2023). PENGARUH HUSTLE CULTURE TERHADAP MOTIVASI DAN PRODUKTIFITAS DALAM ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK 2022. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1449–1455. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21043