PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN HUKUM DI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU

Authors

  • Sardjana Orba Manullang Universitas Krisnadwipayana
  • Mutiarany Mutiarany Universitas Krisnadwipayana
  • Louisa Yesami Krisnalita Universitas Krisnadwipayana
  • Verawati BR Tompul Universitas Krisnadwipayana
  • Yessy Kusumadewi Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20876

Keywords:

Pendidikan Hukum, Sistem Pendidikan, Negara Berkembang, Negara Maju, Studi Literatur.

Abstract

Penelitian ini menganalisis perbandingan sistem pendidikan hukum di negara-negara berkembang dan negara maju. Dengan metode studi literatur, penelitian ini mengidentifikasi perbedaan signifikan dalam pendekatan pendidikan hukum, tantangan yang dihadapi, dan potensi perbaikan dalam sistem pendidikan hukum. Hasil penelitian menyoroti pentingnya investasi dalam pendidikan tinggi, transparansi dalam penggunaan dana pendidikan, dan pengembangan kurikulum yang relevan. Kolaborasi internasional dan pendekatan inklusif dalam pengajaran hukum juga ditekankan. Implikasi kebijakan melibatkan upaya meningkatkan kualitas pendidikan hukum dan mendukung perkembangan hukum dan keadilan. Penelitian ini memberikan pandangan yang mendalam tentang cara meningkatkan sistem pendidikan hukum di negara-negara berkembang.

References

Aji, T. (2013). Pola Pembinaan Prestasi Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sepak Takraw Putra Jawa Tengah Tahun 2013. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/miki.v3i1.2661

Asgaruddin, A. (2021). Pengaruh Profesionalisme Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, 1(4).

Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/14784

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., & Nanda, F. A. (2020). Physical Activity, Nutritional Status, Basal Metabolic Rate, and Total Energy Expenditure of Indonesia Migrant Workers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 122–128. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.26791

Maarif, M. A. (2018). Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 31–56.

Made Armade1, L. M. U. (2019). Pengaruh Metode Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj 2012) Versi Low Impact Terhadap Kebugaran Jasmani Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Penjskesrek, 6(1), 140–151.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Rosiana. (2018). Survei Keadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Jombang. Jurnal Olahraga Prestasi, 1(1), 38–44.

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.

Susanti, D. (2021). EFEKTIVITAS KOLABORASI PERAN GURU DAN KELUARGA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI”. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 1–15.

Triyono, A. (2019). Pendidikan Karakter pada Sistem Boarding School. Jurnal Kependidikan, 7(2), 251–263. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3085

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Manullang, S. O., Mutiarany, M., Krisnalita , L. Y. ., Tompul, V. B. ., & Kusumadewi, Y. . (2023). PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN HUKUM DI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1314–1318. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20876

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.