PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP LEWAT SENTRA MEMASAK KULINER KHAS KABUPATEN GAYO LUES
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20654Keywords:
Sentra Memasak, Makanan Khas Wilayah, EntrepreneurshipAbstract
Pembelajaran kewirausahaan pada anak usia din menggunakan konsep belajar sambil bermain, belajar sambil berbuat, dan belajar melalui stimulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan anak usia dini pada kuliner khas daerah gayo lues, sehingga meghasilkan anak-anak yang berjiwa entrepreneurship. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini, guru 16 orang dan kepala sekolah 1 orang di Tk IT Bunayya Gayo Lues. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui tahapan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran entrepreneurship melalui sentra memasak kuliner khas daerah dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship anak. Kegiatan penanaman entrepreneurship tersebut dilaksanakan melalui anak di perkenalkan dengan alat dan bahan makanan, warna makanan, lalu dioalah menjadi makanan khas daerah dan anak dapat mengenal mata uang melalui pembelajaran entrepreneurship.References
Chr. Argo Widiharto, W. K. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Lkuliah Psikologi Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Sikap.
Fathia, N. (2019). Pembelajaran Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tk Khalifah 2 Serang.
Fatimatur, A. M. & E. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Harsana, M., Baiquni, M., Harmayani, E., & Widyaningsih, Y. A. (2019). Potensi Makanan Tradisional Kue Kolombeng Sebagai Daya Tarik Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Home Economics Journal, 2(2), 40–47. Https://Doi.Org/10.21831/Hej.V2i2.23291
Konrad Astuti, T. 2015. Pedoman Umum Sosiologi. Jakarta: Vocosta Pusblishing
Luh Putu Juniyanasari, Ketut Pudjawan, P. R. U. L(2015). E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Class Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha E-Journal Luniversitas Pendidikan Ganesha. 3(1).
Maharani, J. F., Aryani, M., & Sulastri, N.M. L(2020). Pelatihan Pembuatan Roti Pizza Melalui Pembelajaran Sentra Memasak Bagi Anak Usia 4-6 Tahun Di Paud Mutiara Islami. Jurnal Pengabdian Undikma, 1(1), 59–64.
Https://Doi.Org/10.33394/Jpu.V1i1.2716 Lmonika. (2018). Pembelajaran
Entrepreneurship Melalui Sentra Bermain Peran Di Tk It An-
Najah Pendidikan Anak Usia Dini Adalah Jenjang Pendidikan Sebelum Jenjang Pendidikan Dasar Yang Merupakan Suatu Upaya Pembinaan Yang Ditujukan Bagi Anak Sejak Lahir Sampai Dengan Usia 8. 114– 123.
Munar, A., Hibana, & Surahman, S. (2021).
Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Ldan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(C), 1–9.
Munastiwi, E. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369–380. Https://Doi.Org/10.14421/Manageria.2018.32-09
Ndeot, F. (2019). Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Usia Dini Di Era
Mea. Pernik?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.31851/Pernik.V1i01.2621
Nurfaizah & Na’imah. (2021). Pengembangan Seni Anak Usia Dini Berbasis Pembelajaran Sentra Di Masa New Normal. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 128– 140. Https://Doi.Org/10.35473/Ijec.V3i2.984
Nurhayati. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Berwirausaha Terhadap Hasil Belajar Menjahit Dengan Mesin Lsiswa Smk Negeri 8 Medan. 13(25), 21–28.
Sartika, & Munastiwi, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. Https://Doi.Org/10.14421/Jga.2019.42-04.
Suyadi, 2018. Manajemen Paud (Tpa-Kb-Tk/Ra) Mendirikan, Mengelola Dan Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yunia. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok , Sudut, Area, Dan Sentra Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. 02(02).
Yusuf, I., Hartati, S., & Sumadi, T. (2022).
Implementasi Pembelajaran Entrepreneurship Di Taman Kanak-Kanak. 6(3), 1158–1168.
Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1737
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reh Ulina Br. Pinem

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




