PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS GAMES UNTUK SISWA KELAS 5 SD

Authors

  • Juliana Margareta Sumilat Universitas Negeri Manado
  • Deysti Trifena Tarusu Universitas Negeri Manado
  • Deybi Merry Topit Universitas Negeri Manado
  • Deisye Supit Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20613

Keywords:

TGT (Team Game Tournament), Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Pendidikan sangat penting untuk kehidupan sehari-hari manusia. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari karena mempelajari sebab-akibat dari kejadian yang terjadi di alam dan keadaan manusia itu sendiri. Pembelajaran IPA dapat membantu siswa memahami berbagai jenis dan kondisi lingkungan alam sekitar mereka, keadaan manusia, meningkatkan pemahaman mereka tentang proses terjadinya sesuatu, meningkatkan wawasan mereka, dan membantu mereka mengaplikasikan ilmu pengetahuan ke dunia nyata. Salah satu alternatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah pembuatan media pembelajaran IPA berbasis game. Metode pembelajaran berbasis game, Teams Games Tournament (TGT), dapat meningkatkan ketertarikan anak sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran IPA. TGT melibatkan belajar kelompok orang yang berbeda dari berbagai latar belakang dan prestasi akademik, dan melakukan permainan dan turnamen atau kompetisi yang terstruktur secara sistematis. Skor, klasemen, dan juara diberikan kepada individu atau kelompok yang mencapai skor tertinggi.

References

Bayu, W (2020). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Dengan Media Miniatur Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar, Bidayatuna Jurnal Pendidikan GuruMandrasahIbtidaiyah,3(1),47–68. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i1.516

Buhari, B. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Globlisasi Siswa Kelas IX-U SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 57-68.

Indah, P. (2021). IPA untuk Pendidikan guru sekolah dasar (UMSUPress, 2021)

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nurul, A., Naeklan, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas IV SD Negeri 102776 Sampali. School Education Journal,

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran : mengembangkan profesionalisme guru (Jakarta: Rajawali Pers, 2010),

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Sumilat, J. M. ., Tarusu, D. T. ., Topit, D. M., & Supit, D. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS GAMES UNTUK SISWA KELAS 5 SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 954–958. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20613