PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MPI BERBASIS TEKNOLOGI DI SD

Authors

  • Sartika S arageti Universitas Negeri Manado
  • Juliana Margareta Sumilat Universitas Negeri Manado
  • Deysti Trifena Tarusu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20611

Keywords:

MPI, Teknologi

Abstract

Dampak globalisasi tidak hanya terbatas pada evolusi ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga mempengaruhi pendekatan pembelajaran dan ciri-ciri generasi saat ini. Pentingnya pemanfaatan media pembelajaran menjadi krusial dalam memajukan kapasitas kognitif anak-anak di tingkat Sekolah Dasar. Melalui implementasi media pembelajaran interaktif berbasis teknologi (MPI), diharapkan siswa akan lebih termotivasi dan terhindar dari kebosanan dalam proses belajar. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan pengembangan berbasis model 3D, yang terdiri dari fase define, design, dan develop (meskipun telah dimodifikasi dari model 4D). Hasil dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi dapat signifikan meningkatkan efektivitas dalam proses pembelajaran. Mengingat era modern saat ini, perkembangan media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi berkembang dengan cepat, menjadikannya sebagai suatu kompetensi wajib bagi pendidik dan peserta didik. Sejalan dengan evolusi teknologi saat ini, guru juga diharapkan mampu mengembangkan dan memanfaatkan media yang mendorong siswa untuk belajar secara interaktif.

References

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota

Saputra, H. G., & Zinnurrain. (2018). Pengaruh Penggunaan Media MS Power Point Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 3.

Afriyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.VIII.

Munadi. (2013) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Di unduh melalui http://dedi26.blogspot.com/2013/01/faktor-faktor-yangmempengaruhi-hasil.html. diunduh bulan maret 2014

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

arageti , S. S., Sumilat, J. M. ., & Tarusu, D. T. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MPI BERBASIS TEKNOLOGI DI SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 946–949. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20611