PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR MAJALAH ELEKTRONIK (E-MAGAZINE)BERBASIS ANDROID MATERI AJAR BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20164Keywords:
Majalah Elektronik (E-Magazine), Android, Bangun RuangAbstract
Sumber belajar adalah segala jenis media, benda, data, fakta, ide, dan orang yang dapat memperindah terjadinya proses belajar bagi siswa. Tujuan pengggunaan sumber belajar ini menekankan kepada peningkatan hasil belajar peserta didik khususnya materi bangun ruang. fenomena di MA Nurul Ikhlas Ambon menunjukan bahwa hasil belajar khususnya materi bangun ruang masih kurang, sehingga perlu penggunaan sumber belajar terbaru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu alternatifnya adalah penggunaan sumber belajar majalah elekronik (e-magazine) berbasis android. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas mulai dari siklus I dan juga siklus II, dimana untuk setiap siklusnya dimulai dengan sebuah perencanaan kemudian, tindakan, selanjutnya observasi, dan juga merefleksi. Data dari hasil penelitian disajikan dalam bentuk penilaian formatif yang didapatkan siswa pada saat melakukan kegiatan dan penilaian akhir siklus.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh Peserta didik dalam pada materi bangun ruang meningkat setelah mempelajari cara menggunakan sumber belajar majalah elektronik (e-magazine) yang berbasis Android. Hasil yang diperoleh sudah memenui atau sesuai indikator keberhasilan dan juga mencapai standar dari kriteria keberhasilan atau memperoleh nilai ?70. Selain itu juga, hasil belajar siswa dari awal siklus maupun siklus dua juga meningkat, yaitu pada pra atau sebelum siklus terdapat 3 dari 17 peserta didik atau 17,65% yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I terdaoat 9 dari 17 siswa atau 52,95% yang hasil belajarnya tuntas dan pada siklus berikutnya atau siklus dua juga mengalami peningkatan menjadi 14 dari 17 peserta didik atau 82,35% mengalami ketuntasanReferences
Amin, Ak. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Ikip Pgri Bojonegoro, (Penelitian Dilakukan Pada Mata Kuliah Metode Statistika Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal Magistra No. 94 Th. Xxvii Desember 2015 Issn 0215-9511.
Amirullah, G., & Susolo, S. (2018) Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android.
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018) Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis.
Ikhbal, M., & Mursil, H. A. (2020) Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Information Management For Educators And Professionals: Journal Of Information Management, 5(1) 15-24.
Irfan, M. 2016. Pemanfaatan Gadget Dalam Pembelajaran Matematika Serta Pengaruhnya Pada Mahasiswa Yang Mengalami Math Anxiety Di Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Jurnal Pembelajaran Matematika. Vol. Iii No. 1, Januari 2016.
Juraman, Sr. 2014. Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahapeserta Didik Ilmu Komunikasi Dalam Mengakses Informasi Edukatif (Studi Pada Mahapeserta Didik Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat). Journal Unsrat. Vol. Iii. No. 1. Tahun 2014.
Mohammad Asrori, Penelitian Tindakan Kelas, ( Bandung: Cv Wacana Prima, 2007
Mulyani, E. W. S. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Pembelajaran Bangun Ruang.
Murtiwiyati. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi. Vol. 12, No. 2, Desember 2013, Issn: 1412-9434.
Prasetia, Eko Jhon Veri. 2017. Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi. Vol. 4, No. 2, Oktober 2017, Hal. 219-229. Issn Ng: Lppm Upi Yptk Padang.
Sulisworo, D. 2014. Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran Kooperatif Secara Mobile Berbasis Sistem Operasi Android. Indonesian Journal Of Curriculum And Educational Technology Studies (Ijcets). Vol. 3, No.1, Thn 2014. Hal. 56-63.
Yuntoto, Singgih. 2015. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Pada Peserta Didik Kelas Xi Smkn 2 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kasriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




