PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI DESA BERANGBANG

Authors

  • Ni Luh Heppy Yesiana Devi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20139

Keywords:

Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SD Negeri 2 Berangbang, terdapat anak-anak berprestasi yang orang tuanya memiliki tingkat pendidikan formal tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengaruh tingkat pendidikan orang tua (ibu) terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di Desa Berangbang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di Desa Berangbang yang terdiri dari 5 rombel dari 5 sekolah dasar dan sampel penelitian diambil dari seluruh populasi yang berjumlah 109 siswa. Data diambil dari data identitas siswa dan nilai raport siswa semester 2 pada tahun ajaran 2022/2023. Data dianalisis menggunakan analisis Chi Square dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tingkat pendidikan formal orang tua dan prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar di Desa Berangbang terdapat kecenderungan siswa memiliki prestasi belajar dengan katagori sangat rendah dan katagori rendah pada orang tua dengan tingkat pendidikan SD dan SMP. Sementara itu, terdapat kecenderungan siswa dengan tingkat pendidikan orang tua SMA dan S1 memiliki prestasi belajar dalam katagori cukup hingga katagori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Chi-Square dengan bantuan SPSS 25 for Windows yang menunjukkan nilai asymp sig 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar di Desa Berangbang pada tahun ajaran 2022/2023.

References

Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasbullah. (2008). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Idris, Zahara. (2001). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : Angkasa Raya.

Ihsan, Fuad. (2005). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

KBBI Daring. (2019). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/prestasi%20belajar diakses pada tanggal 22 September 2023

Nana Sudjana. (2005).Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru Algesindo

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nini Subini. (2012). Psikologi Pembelajaran.

Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Rosyid. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tu’u, Tulus. 2014. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Devi, N. L. H. Y. ., Suastra, I. W. ., & Suma, I. K. . (2023). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI DESA BERANGBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 509–514. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20139