ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN

Authors

  • Kristiani Br Manik Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Lolyta Damora Simbolon Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Christina Purnamasari K. Sitepu Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19444

Keywords:

Analisis, Kesulitan, Soal cerita, SPLDV.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan, tingkat kesulitan dan faktor yang mempengaruhi kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Medan yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan analisis data kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV menunjukkan bahwa; (1) Kesulitan peserta didik dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya (13%), (2) Kesulitan peserta didik mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika (21%), (3) Kesulitan peserta didik melakukan operasi aljabar dengan metode campuran (substitusi & eliminasi) (26%), (4) Kesulitan peserta didik mengoperasikan bentuk aljabar dan melihat hasil akhir penyelesaian (40%). Mengacu pada hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 13 Medan memiliki kriteria “Rendah” yaitu sebesar 20%. Faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal.  Faktor internal ini merupakan faktor yang berasal dari peserta didik sendiri sedangkan  faktor eksternal, faktor  yang berasal dari luar diri peserta didik.

References

Afriansyah, E., Herman, T., Turmudi, & Afgani Dahlan, J. (2021). Critical Thinking Skills In Mathematics. Journal Of Physics: Conference Series, 1778(1).

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Datar. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 2(2), 77–83.

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Matematis. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 3(1), 32–36.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22-32.

Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Confidence Siswa Antara Model TPS Dan PBL.

Muhtadi, D. (2021). Bahasa Matematis Dalam Penentuan Waktu Siang-Malam Menurut Tradisi Sunda.

Nugroho, A. R. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Polya.

Nurfadilah, P., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Gesture Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme), 4(1), 14–29.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Br Manik, K., Simbolon , L. D., & K. Sitepu , C. P. . (2023). ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 379–383. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19444

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.