PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA-SISWI SMA GAJAH MADA MEDAN KELAS X TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Elza Leyli Lisnora Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ira Kristini Sihotang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sarma Panggabean Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19352

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Teks Negosiasi, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa-Siswi SMA Gajah Mada Medan Kelas X Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 60 orang dan yang menjadi sampel  dalam penelitian ini adalah  kelas X-I sebanyak 30 siswa dan X-2 sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan Pembelajaran Berdiferensiasi, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 60,93 dengan simpangan baku 9,21 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 80,8 dengan simpangan baku 80,54. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ? =0,05, diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,11272 <  1,67155 ,  dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha  diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa-Siswi  SMA Gajah Mada Medan Kelas X Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Teks Negosiasi, Kemampuan Menulis This research aims to determine the effect of differentiated learning on the ability to write negotiation texts among students at Gajah Mada Medan High School Class X for the 2023/2024 academic year. This type of research is quantitative experimental research with a two group pretest-posttest research design. The population in this study was all class X students with a total of 60 people and the samples in this study were class The data analysis technique used is the normality test using the F test, homogeneity test and hypothesis test. After conducting research for pretest and posttest experiments on the use of Differentiated Learning, the average pretest score was 60.93 with a standard deviation of 9.21 and the average score on the posttest was 80.8 with a standard deviation of 80.54. From the results of hypothesis testing in this study, a "t" test was carried out at a significant level ? = 0.05, obtained tcount > ttable, namely 9.11272 < 1.67155, thus H0 was rejected, and Ha was accepted. The pre-test and post-test data prerequisite test results stated that the sample was normally distributed and homogeneous. So it can be concluded that there is an influence of the use of differentiated learning on the ability to write negotiation texts in Gajah Mada Medan High School students, Class X, academic year 2023/2024.

References

Saragih, E. L. L. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Berita Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2. Jurnal Fusion, 2(03), 454-460.

Panggabean, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital melalui Metode Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas VII di SMP N 1 Tarabintang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3366-3370.

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa

Astuti, W. Veni. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Penerapannya di Kelas.30 Juni 2021.

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-berdiferensiasi-dan-penerapannya-di-kelas/, diakses 6 November 2022

Atik Siti Maryam .(2021) .Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi .9 Februari 2021

Bayumi (2021) . Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi.CET.1.Yogyakarta : CV BUDI UTAMA.

Dalman. 2014.Keterampilan menulis. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Dalman,H. (2015). Keterampilan Menulis. Ed.1-Cet.4. Jakarta: Rajawali Pers.

Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa.

JESS (Journal of Education on Social Science)

E.Kosasih, (2020). Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah

Penulisannya.Bahasa Indonesia Mahasiswa dan Umum. Bandung : Yrama Widya

Fazrien, J. (2021). Kemampuan menulis paragraf persuasif dalam teks negosiasi siswa kelas x SMAN 1 Balai Riam. Jurnal Ilmu Pendidikan

Firmansyah, F. D. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar

dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia)

Farhan, A., Martha, I. N., & Putrayasa, I. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode Karyawisata Kelas X Ipa 1 Man 1 Buleleng. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20 615

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran

Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Muthowiatin, A. N., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Penerapan Metode Quantum:

Bagaimana Siswa Menulis Teks NegosiasiTabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan

Pengajarannya Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapan (Veni Widi). (2021).

Novianti, dkk (2015). Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berdasarkan kurikulum 2013 di Kelas X B Akuntansi SMK Negri 1 Singaraja. e-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Volum: Vol: 3 No:1 Tahun 2015

Panggabean, Sarma. "Keterampilan Menulis."

Permanasari. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona , (online) Vol 3, No. 2

htpp://onesearch.id.Record/IOS1896.article444?widget=repository_id=,diakses 14 November 2019.: 14/11/2019.

Rohilah, R., & Hardiyana, R. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(1), 51. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3745

Robert, Heron dan Caroline Vandenabeele. 1997. Negosiasi Efektif: Sebuah Panduan Praktis. Indonesia: Friedrich_Ebert_Stiftung (FES).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabet

Sugiono. (2020).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (M.Dr. Ir.Sutopo.S.Pd,

Edisi Kedua). Alfabeta, CV.

Tarigan, Henry Guntur, 2011 . Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :

Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur . 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa Bandung.

Windarto, H. K. (2020). Kajian Keterampilan Menulis Menggunakan Media Jurnal Bergambar Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Saragih, E. L. L., Sihotang, I. K., & Panggabean, S. . (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA-SISWI SMA GAJAH MADA MEDAN KELAS X TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 74–83. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19352