STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING PROCESS IN SOLVING STORY PROBLEMS ON SPLDV MATERIAL

Authors

  • Selfie Kumesan Universitas Negeri Manado
  • Eunike Mandolang Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Patrisia Hana Supit Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Jorry F. Monoarfa Universitas Negeri Manado
  • Navel Oktaviandy Mangelep Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19309

Keywords:

Pemecahan Masalah, Matematis, Soal Cerita, SPLDV

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah bagi siswa merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Namun, kemampuan kenyataan di lapangan proses pemecahan masalah matematis masih belum optimal. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat karakteristik proses pemecahan masalah matematis siswa dalam memecahkan soal cerita khususnya pada materi SPLDV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan matematis tinggi tidak dapat memeriksa Kembali jawaban yang telah diperoleh dengan baik. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematis sedang juga tidak dapat memeriksa Kembali jawaban yang telah diperoleh dan proses solusi dengan baik dan benar. Selain itu, siswa dengan kemampuan matematis rendah tidak mampu menyelesaikan soal dengan langkah-langkah yang baik dan benar. Serta, siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak mampu memeriksa kembali jawaban serta proses solusi yang telah dikerjakannya.

References

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan dan skala terhadap siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347-358.

Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2).

Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133.

Barus, M. D. B., & Hakim, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode practice rehearsal pairs pada siswa SMA Al-Hidayah Medan. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 74-78.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).

Damanik, R. U. F., & Fauzi, K. M. A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Program Linear Di Kelas Xi Smkn 1 Meranti. Karismatika: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi, 5(2).

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17-26.

Dwina, T. D., Wiyono, H. J., Putri, E., & Oktaviana, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau Dari Segi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK PGRI Sooko Pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak, Rasional, Dan Irrasional Satu Variabel (Doctoral dissertation, Universitas Islam Majapahit).

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).

Komang Sukendra, I., & Wayan, S. I. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 177-186.

Kurniawati, N. (2018). Mengakses dan memonitor kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Prisma, 7(1), 99-106.

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas)(Vol. 2, No. 1, pp. 701-707).

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematics project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181-190.

Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal riset pendidikan matematika, 3(1), 76-87.

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82.

Rivai, S., & Rahmat, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Untuk Pemahaman Konsep Dasar Matematika Bagi Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(1), 57-68.

Rofiqoh, Z., Rochmad, R., & Kurniasih, A. W. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas x dalam pembelajaran discovery learning berdasarkan gaya belajar siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1).

Roswanti, R., Supandi, S., & Nursyahidah, F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 191-201.

Salahuddin, M., & Ramdani, N. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tahapan polya. Tarbiyah wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 37-48.

Setyawan, A. D., Purnomo, D., & Nursyahidah, F. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear pada Masa Pandemi Covid-19. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(4), 296-302.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Kumesan, S. ., Mandolang, E. ., Supit, P. H., Monoarfa, J. F. ., & Mangelep, N. O. (2023). STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING PROCESS IN SOLVING STORY PROBLEMS ON SPLDV MATERIAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19309

Most read articles by the same author(s)