IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL IN INCREASING STUDENT CREATIVITY IN PAK LEARNING IN CLASS XI PRIVATE HIGH SCHOOL HKBP SIDORAME MEDAN

Authors

  • Era Lika Sitorus Universitas HKBP Nommensen
  • Bangun Munthe Universitas HKBP Nommensen
  • Bangun Bangun Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19039

Keywords:

Model Problem Based Learning, Kreativitas Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterikatan antara Implementasi model Problem Besad Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pelajaran PAK di kelas XI SMA Swasta HKBP Sidorame Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas X dan XI SMA Swasta HKBP Sidorame Medan dimana dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu: kelas XI sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Problem Based Learning  dan kelas X sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay  yang telah dilakukan uji instrumen oleh validator ahli dan lembar observasi. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 80,25 dengan standar  deviasi 8,31 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 59,16 dengan standar deviasi 87,25. Dari hasil uji hipotesis dengan ? = 0,05 diperoleh ?  (4,243 1,714) sehingga  ditolak dan sebaliknya  diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada implementasi model Problem Based Learning dalam meningkatkan  kreativitas  siswa dalam pelajaran PAK di SMA Swasta HKBP Sidorame Medan kelas X dan XI. Selama proses pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi aktivitas belajar siswa diperoleh nilai akhir dengan kategori sangat baik.

References

Alkitab. Lembaga Alkitab Indonesia

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.

Fadilah nikmatul, Roshayanti Fenny, R. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran ips Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD N Peterongan Semarang. 09, 4412–4421.

H Kara, O. A. M. A. (2014). Keterlibatan Siswa dalam Belajar (student engagement). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Hamdani, D. A. (2018). Penerapan Metode Discussion Group (DG) – Group Project (GP) Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Pada Pembelajaran IPS?: Studi Deskriptif Kelas Di Kelas VIII I SMP Negeri 3 Lembang. 8–34.

Hanif, M. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas Viii Di Mts Bustanul Faizin. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 53–60. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=Mery Noviyanti &familyName=&affiliation=Universitas Terbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti

Harys. (2020). Penelitian Kuantitatif. 34–46. https://www.jopglass.com/penelitian-kuantitatif/

Hidayati, M. (2010). Meningkatkan Keterlibatan Berproses dan Prestasi belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Teknik Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 2(2), 193–213.

Ii, B. A. B., Teori, A. K., & Pembelajaran, E. (2017). Test, Measurement Dan Assement ). 12–56.

Jannah, M. (2018). HUBUNGAN RASA INGIN TAHU BIOLOGI ( CURIOSITY ) DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SKRIPSI Ditulis Sebagai Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Jurusan Tadris Biologi Oleh?: MIFTAHUL JANNAH.

Kusumaningsih, D., & Riauwanto, S. (2021). Analisis Motivasi, Disiplin Dan Beban Kerja Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Kebumen. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 439–456. https://doi.org/10.32477/jrabi.v1i2.382

Marthen Sahertian. (2019). Pendidikan Agama Kristen dalam Sudut Pandang John Dewey. Jurnal Teruna Bhakti, 1(2), 108.

Pertiwi, D. C. (2019). Profil Kepribadian Elite Atlete Team Basket CLS KNIGHTS INDONESIA. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2, 423–427. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.64

Poernomo, R. L. D. (2016). Keefektifan Pembelajaran Problem Based Learning Strategi MEA Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP.

Prianto, E. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar (Studi Pada Pelajaran Kimia Siswa Kelas XII IPA di SMA Negeri 3 Pagaralam). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 121–134. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18376

Rahmadi Islam. (2018a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa KelaS VIII SMP NEGERI 15 Padang: (Issue 3, pp. 1–13). http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Rahmadi Islam. (2018b). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Introduction (Pbi) Terhadap Hasil Belajar Ips Murid Kelas IV SD Inpres Kampung Parang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa: (Issue 3). http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Sitorus, E., Estimarlina, E., Munthe, B., Sirait, T., Butar Butar, I., & Siregar, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Dinamika Pendidikan, 15(3), 13–30. https://doi.org/10.51212/jdp.v15i3.162

Rajagukguk, S. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sd. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.51878/elementary.v3i1.1945

Rohmah, F. N. (2016). Pembelajaran Research Cycle (Siklus Penelitian) melalui Pendekatan Scientific. Seminar Nasional Pendidikan 2016 “Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era MEA,” 1, 673–681. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3714

Rosa Indica Purba, Romauli Lumban Toruan, & Damayanti Nababan. (2023). Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 102–113. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.1301

Santoso, P. (2017). Penggunaan model pembelajaran project based learning (pbl) sebagai upaya peningkatan hasil belajar ekonomi. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis UNS, 3(1), 1–7.

Septiani, N. T. (2019). Pengaruh Ketekunan Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus Martopuro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. 1–156.

Setia, R. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan. Perpustakaan.Upi.Edu, 46–70.

Sitorus, E., Estimarlina, E., Munthe, B., Sirait, T., Butar Butar, I., & Siregar, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Dinamika Pendidikan, 15(3), 13–30. https://doi.org/10.51212/jdp.v15i3.162

Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.125

Tafonao, T. (2018). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 125.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). ??No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wood, D. F. (2003). Problem based learning. Bmj, 326(7384), 328. https://doi.org/10.1136/bmj.326.7384.328

Zaini, A. (2015). Upaya konselor dalam membimbing belajar siswa di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Elementary Islamic Teacher Journal, 3(2), 236–253.

Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

Sitorus, E. L. ., Munthe , B. ., & Bangun, B. . (2023). IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL IN INCREASING STUDENT CREATIVITY IN PAK LEARNING IN CLASS XI PRIVATE HIGH SCHOOL HKBP SIDORAME MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 459–468. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19039

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>