PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMTICS EDUCATION PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18926Keywords:
RME, LKPD, PlompAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah bahwa peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Namohalu Esiwa mengalami hambatan dalam proses pembelajaran karena bahan ajar yang digunakan proses pembelajaran terbatas dan tidak tersedianya bahan ajar berupa LKPD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD yang dikembangkan telah teruji valid oleh validator ahli materi sebesar 97,69%, ahli bahasa sebesar 100%, dan ahli desain sebesar 100%. Persentase rata-rata kevalidan LKPD adalah 98,43% dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya, LKPD juga telah teruji praktis digunakan oleh peserta didik dengan persentase sebesar 91,64% dan hasil persentase kepraktisan dari guru sebesar 93,81%. Persentase rata-rata kepraktisan LKPD adalah 92,36% dengan kriteria sangat praktis. LKPD juga efektif digunakan dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89,04%. Dari hasil penelitian di atas, maka LKPD yang dikembangkan dengan berbasis realistic mathematics education sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian.References
Akbar, Sa’adun. 2017. Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT. REMAJA Rosdakarya
Aprilianti dan Astuti. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis STEM pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif. Volume 3, Nomor 6, (653-702), ISSN: 2614-221X
Daryanto dan Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Jakarta: Gava Media
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional
Feriyanti, Nindy 2019. Pengembangan e-Modul Matematika Untuk Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 6. Nomor 1.
Gitriani, dkk. 2018. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan kontekstual pada materi lingkaran untuk siswa SMP. JRPM. Volume 3. Nomor 2. Halaman 40-48. (online),
Hadi, Sutarto. 2018. Pendidikan Matematika Realistik (Teori, Pengembangan, dan Implementasinya). Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Hamzah. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) uji produk kuantitaif dan kualitatif proses dan hasil. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
Haviz. 2013. Research And Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib. Volume 16. Nomor 1. Halaman 28-43. (online), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/ Sekolah Menengah Atas
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
Prastowo, Andi. 2015. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press Prastowo, Andi. 2015. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press
Putrawangsa, Susilahudin. 2017. Desain Pembelajaran Matematika Realistik. Mataram: CV. Reka Karya Amerta
Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Shoimin, Aris. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA Siagian. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science). Volume 2. Nomor 1. ISSN: 2528-4363
Septryanesti, N dan Lazulva. 2019. Desain Dan Uji Coba E-LKPD Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon, Jurnal Tadris Kimiya, Vol. 4, No. 2,
Susilowati. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PINUS. Volume 4. Nomor 1. ISSN. 2442-9163.
Zulfah. 2018. Pengaruh lembar karja peserta didk berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Pendidikan tambusai. Vol. 2. No. 5. ISSN 2614-6754 (1144-1161)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aprieli Harefa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.