ANALISIS KOMPETENSI GURU MAHASISWA PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BIDANG TATA BOGA DI SMK SURABAYA RAYA

Authors

  • Inayatus Khanifa Universitas Negeri Surabaya
  • Mauren Gita Miranti Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Handajani Universitas Negeri Surabaya
  • Any Sutiadiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18501

Keywords:

Kompetensi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru mahasiswa PLP bidang tata boga dengan menggunakan 4 kopetensi guru, yaitu : kopetensi pedagogic, kopetensi kepribadian , kopetensi sosial,dan kopetensi professional yang dinilai olah guru pamong mahasiswa PLP tahun 2022. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model Ex-post facto menggunakan metode survey dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PLP pendidikan tata boga 2022 dengan jumlah 33 responden. Validasi yang digunakan adalah formula Aiken’s V untuk menghitung content-validity coefficient yang didasarkan pada hasil penilaian. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan distribusi frekuensi yang dituang dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi guru mahasiswa PLP bidang tata boga adalah kompeten dengan persentase 73,47%,  kategori kompeten menunjukan bahwa kopetensi mahasiswa tata boga masih harus ditingkatkan baik dari kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi professional.

References

Abdullah, S. (2015). Membangun Kualitas Pendidikan Bermutu Pada Aspek Kompetensi Paedagogik Dan Kompetensi Kepribadian Bagi Seorang Calon Guru. edukasi jurnal pendidikan, 581-590.

Ardede, J. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Prettyfit Pada PT. Christoper Adidaya Rekananda. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Chaerul, L. d. (2013). Profil Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Otomotif Di Kabupaten Sleman. . jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 176.

Choir, A. (2017). Profil Kompetensi Pedagogik Calon Guru Pendidikan Matematika UN PGRI Kediri. Artikel skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Eriawati. (2017). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry. . Corference Proceedings- ARICIS, 106.

Fahdini, R. d. (2013). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Laporan Penelitian Jarlit Bapeda Kab. Sumedang.

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis.

Kareviati, E. (2022). Perspektif Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Pada Sekolah Menengah Pertama Di Cimahi. j. profesi pendidik, 1 no 2, 172 -178.

Mahmud, M. (2018). Pengaruh Praktek Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Profesional di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. J. Pendidikan,Sos dan Budaya, 4 no 1, 89 - 96.

Nanik Indahwati, T. I. (2021). Buku Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan. surabaya: MBKM UNESA.

Nurfuadi, M. R. (2009). Kepribadian Guru: Upaya Mengembangkan Kepribadian yang Sehat di Masa Depan. Grafindo Litera Media, 122.

Sadikin Ali, J. S. (2019). Analisis pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Universitas Jambi bidang studi pendidikan biologi di SMA PGRI Jambi. Bioeduscience, Vol. 3 no 02, 90-99.

Sadikin, A. S. (2018). Development of the Biology Textbook of Process Evaluation and Learning Outcome for Students in Biology Education, University of Jambi. BIODIK, Vol 4 no 2, 83-94.

SUMARGIANNA, P. (2015). Tingkat Kepuasan Guru Terhadap Kompetensi PPL Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Busana. yogyakarta.

Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). populasi dan sampel. pengantar Statistik, 1.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Khanifa, I. ., Miranti, M. G. ., Handajani, S. ., & Sutiadiningsih, A. . (2023). ANALISIS KOMPETENSI GURU MAHASISWA PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN BIDANG TATA BOGA DI SMK SURABAYA RAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 675–683. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18501