PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS OBS (OPEN BROADCASTER SOFTWARE) PADA MATERI UNGGAS UNTUK SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA PADA FASE E

Authors

  • Moh Moehandias Santoso Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Handajani Universitas Negeri Surabaya
  • Mauren Gitta Miranti Universitas Negeri Surabaya
  • Andika Kuncoro Widagdo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23809

Keywords:

Pengambangan, Video pembelajaran, OBS (Open Broadcaster Software) Unggas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran dengan video, untuk siswa kelas X SMK Dharma Wanita Gresik. 2) Mengetahui respon peserta didik bila mana menggunakan media pembelajaran berbasis video mampu meningkatkan minat belajar siswa pada materi unggas. 3) Mengetahui hasil pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi OBS (Open broadcaster software). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau  Research and Development (R&D) dan menggunakan pengembangan model ADDIE, dengan 3 tahap dalam proses pengembangannya, yaitu 1) Analysis: analisis awal dan analisis kebutuhan,  2) Design: membuat story board, script/naskah dan produksi video pembelajaran, 3) Development: validasi dan revisi oleh ahli materi dan media serta hasil media video diujikan kepada peserta didik dengan mengambil respon menggunakan angket. Pengembilan  data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Data dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan dari hasil uji kelayakan dan respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis OBS (Open Broadcaster Software) pada materi unggas untuk siswa kelas X SMK Dharma Wanita Gresik dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Hasil dari video Pembelajaran berbasis OBS dapat di akses melalui platform YouTube. (2) Kelayakan materi unggas pada video pembelajaran berbasis OBS dengan presentase 89 %  memperoleh predikat ”Sangant Layak” (3) Kelayakan media pada video pembelajaran berbasis OBS pada materi unggas dengan presentase 83 %. memperoleh predikat ”Sangant Layak” (4) Penilaian respon dari video pembelajaran berbasis OBS pada materi unggas untuk siswa SMK Dharma Wanita Gresik kelas X dengan presentase 86 % dapat dikategorikan ” Sangat Baik” untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran.

References

Hamdan, A., & Attika, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi OBS Studio Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Educate?: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 208. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7472

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Ichiana, N. N., Halimah, A., & Dinayah, R. M. (2022). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Dalam Aplikasi “Ruangguru” Sebagai Media Belajar Online Siswa Sma Kelas X Ipa Pada Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Revisi. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. https://proceedings.uin-alauddin.ac.id/index.php/semnasftk/semnasftk01/paper/view/307

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Qorib, A., & Zaniyati, H. S. (2021). Penggunaan Open Broadcast Software Studio Dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi. SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syichona Moh. Cholil Bangkalan, 12(1), 87–98.

Yudha, S. S. (2021). terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah. 3, 538–545.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Nasya, I. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Puff Pastry dengan Metode Inggris Untuk Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Produk Pastry & Bakery di SMK N 4 Surakarta.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Santoso, M. M. ., Handajani, S. ., Miranti , M. G. ., & Widagdo, A. K. . (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS OBS (OPEN BROADCASTER SOFTWARE) PADA MATERI UNGGAS UNTUK SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA PADA FASE E. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 898–905. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23809