UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KEGIATAN BUZZ GROUP DISCUSSION DI TK BINAAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Lina Susanti Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18498

Keywords:

Kemampuan, Lingkungan, Sumber Belajar, Buzz Group Discussion

Abstract

Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus.  Subjek penelitian ini adalah guru-guru di TK Binaan yang terdiri dari 7 guru. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pengumpulan data dengan menggunakan format observasi pelaksanaan diskusi, penulaian instrumen penilaian skenario pembelajaran dan penilaian instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran. Teknik Pengumpulan Data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan data terdiri dari format observasi  pelaksanaan kegiatan diskusi dalam kelompok kecil, format penilaian skenario pembelajaran, format penilaian pelaksanaan pembelajaran. Validasi data menggunakan teknik memperpanjang masa observasi, pengamatan yang terus menerus dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan data kualitatif yang berhasil dihimpun pada tahap observasi awal dan tahap observasi pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembinaan kemampuan guru dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar di TK Binaan melalui pelaksanaan diskusi kelompok kecil (buzz group discusion) terbukti dapat meningkatkan kemampuan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil penilaian terhadap ke tiga aspek yang menjadi fokus perbaikan. Hasil penilaian ketiga aspek tersebut menunjukkan angka-angka  bahwa pada aspek pengamatan diskusi kelompok kecil dari rata-rata nilai 64,29 dengan kriteria kurang, meningkat menjadi 79,17 dengan kriteria cukup dan 87,71 dengan kriteria baik pada siklus terakhir. Aspek penyusunan aspek skenario pembelajaran hasil penilaian menunjukkan angka 64,12 pada kondisi awal dengan kriteria kurang, meningkat menjadi 77,14 dengan kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi 87,86 dengan kriteria baik. Aspek pelaksanaan pembelajaran dari nilai 60,00, meningkat menjadi 79,52 dan 87,14 dengan penjelasan kriteria nilai dari kurang, meningkat menjadi cukup dan baik pada siklus terakhir.  Dari perolehan hasil penelitian sebagaimana dijelaskan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian dinyatakan berhasil, karena semua komponen yang diteliti menunjukkan hasil di atas kriteria keberhasilan sebesar 85%.  Kesimpulannya adalah melalui kegiatan Buzz group discussion terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru di TK Binaan Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam memberdayakan lingkungan sebagai sumber belajar.

References

Akbar, Setiady P., Usman H., 1995, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Penerbit PT. Bumi Aksara

Arikunto. S. 1982. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta'. Bina. Aksara..

Badru Zaman, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Buku Materi Pokok PGTK 2304. Modul 1-9. Jakarta Universiats Terbuka.

Danim, Sudarwan, 1994, Tranformasi Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Eko Hari Sutopo 2009.. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Ekowati, Endang. 2001. Stategi Pembelajaran Kooperatif. Modul Pelatihan Guru Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.

Gulley, Halbert E. 1960. Discussion, Conference, and Group Process.University of Illionis.

Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset

Humaira Aliya. 2022. 6 Kemampuan Yang Harus Dimiliki oleh Guru https://glints.com

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 2000. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press

Moleong, Lexy J. 1989 Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Nasution, S.. 1996. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Sardiman, AM, 1986, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, CV. Rajawali, Jakarta.

Sudjana. 2005. Metode statistika. Tarsito. Bandung.

Suratno. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tohirin, 2007. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah : PT Grafindo Persada. Jakarta.

Wijaya, H. ES dan Tabrani Rusyan, 1992, Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Nine Karya Jaya, Bandung.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Susanti, L. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KEGIATAN BUZZ GROUP DISCUSSION DI TK BINAAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 667–674. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18498